Medan, 25/4 (Antara) - Jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, tahun 2016 berjumlah sebanyak 143 orang.

"Ke-143 calhaj tersebut masing-masing terdiri 68 laki-laki dan 79 perempuan," kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirman di Seirampah, Senin saat membuka manasik haji akbar yang di pusatkan di Masjid Agung Jami Kecamatan Seirampah.

Ia mengatakan ada beberapa kegiatan yang telah dianggarkan oleh Pemkab Serdang Bedagai untuk mendukung Kemenag dalam hal penyelenggaraan ibadah haji yaitu, dukungan pembuatan pasport, pelaksanaan manasik akbar, tepung tawar Jemaah dan pemberangkatan Jemaah Calhaj sekaligus penjemputannya.

Kepada calhaj, ia mengatakan ada tiga hal yang wajib diketahui yakni harus memahami syarat untuk menjadi haji, memahami rukunnya serta yang ketiga paham akan wajib haji.

"Kalau ketiganya telah dilaksanakan dengan baik, Insya Allah akan menjadi haji yang mabrur," katanya.


ISoekirman juga berpesan kepada seluruh Calhaj agar dapat


memberikan perhatian yang cukup terhadap seluruh rangkaian kegiatan manasik haji akbar itu.


Karena bertujuan untuk memberikan panduan


tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sehingga pada saatnya nanti semua Jemaah Calhaj dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan benar.


Kepada para instruktur juga kami minta dapat memberikan


informasi yang komprehensif mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji.

"Kepada para Jemaah kami harapkan mendoakan agar daerah kita ini semakin maju serta terbebas dari bencana dan bahaya," katanya.


Sebelumnya Kepala Kantor Kemenag Serdang Bedagai, David Saragih, mengatakan


tujuan digelarnya manasik haji tersebut agar para calon haji nantinya di tanah suci dapat menjalankan tata cara ibadah haji dengan baik.


"Kami juga memberikan apresiasi pada Pemkab yang memfasilitasi para Jemaah mulai dari pembuatan pasport,


pemeriksaan kesehatan, manasik, tepung tawar hingga pemberangkatan dan penjemputan setelah selesai menunaikan ibadah haji nanti," katanya. ***4***








Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016