Medan, 18/4 (Antara) - Pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara H T Erry Nuradi meminta Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda menjadi pendorong tumbuh dan berkembangnya usaha mikro kecil dan menengah/UMKM.

"Dekranasda harus bisa melihat potensi usaha kerajinan di daerah dan mendorong produk hasil kerajinan pengusaha berkembang dan lebih dikenal," ujarnya di Medan, Senin.

Dia mengatakan hal itu usai menyaksikan pelantikan 15 ketua Dekranasda dan rapat kerja Dekranasda Sumut.

Menurut dia, Dekranasda harus membuat terobosan-terobosan baru yang dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan pengrajin di daerah masing-masing.

Alasan H T Erry, Dekranasda merupakan salah satu ujung tombak untuk menggerakkan ekonomi kerakyatan.

"Sumut dengan keberadaan multi etnisnya memiliki potensi besar untuk menghasilkan produk kerajinan sehingga harus dimanfaatkan," katanya.

Pemprov Sumut sendiri berupaya maksimal membantu mengembangkan usaha pengrajin dengan berbagai cara.


Mulai dari membantu promosi di dalam dan luar negeri, Pemprov Sumut memberikan pelatihan dan pendanaan melalui instansi terkait termasuk mendorong perbankan agar bisa dengan mudah mengucurkan pinjaman ke pengrajin.


Plt Ketua Dekranasda Sumut Hj Evi Diana Erry Nuradi, mengatakan, dewasa ini selain berupaya mengembangkan produk kerajinan, Dekranasda fokus pada upaya membantu peningkatan kualitas produk pengrajin.


"Kualitas sangat diperlukan agar produk yang dihasilkan pengrajin Sumut bisa bersaing dengan negara lain di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016