Pematangsiantar, Sumut, 11/4 (Antara) - Satu keluarga eks anggota Gerakan Fajar Nusantara memilih kembali ke Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, setelah mendapat pembinaan dari pemerintah.

Muhammad Sofyan beserta isteri dan tiga anaknya untuk sementara menetap di rumah mertuanya di Jalan Melati, Kelurahan Simarito, Kecamatan Siantar sejak 9 April 2016.

"Rumah mereka (Sofyan dan keluarga) di Medan sudah dijual untuk keberangkatan ke Kalimantan," kata Plt Kepala Badan Kesbangpolinmas Pematangsiantar Ruspina Sari Siregar di Pematangsiantar, Senin.

Ruspina mengatakan, pihaknya telah menerima konfirmasi dari Kesbangpolinmas Sumut dan Pemkot Medan terkait kepulangan Sofyan dan keluarganya.

Kebangpolinmas Pematangsiantar juga masih menunggu koordinasi dari pemerintah untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya terh

Dua anak Sofyan selama ini mendapat pendidikan di rumah (home schooling) setingkat SMA dan SD, sehingga perlu dicarikan solusi untuk masa depannya.

Ruspina mengimbau kepada masyarakat untuk menerima kehadiran eka anggota Gafatar itu seperti yang lainnya, tanpa mengucilkan, dan melakukan penolakan atau tindakan berlebihan.

"Mereka itu korban konflik sosial, beri ruang dan kesempatan untuk bersosialisasi," kata Ruspina. *

Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016