Simalungun, Sumut, 8/4 (Antara) - Penjabat Bupati Simalungun Binsar Situmorang memimpin penanaman padi perdana untuk masa tanam 2016 di Desa Simpang Panei, Kecamatan Panumbean Panei, Jumat.

Dalam penanaman padi varietas ciherang itu, Binsar Situmorang didampingi Kapolres Simalungun AKBP Yofie Giri, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Oni K Goendong, dan Kadis Pertanian Simalungun Jan Posman Purba.

Varietas tersebut ditanam dengan 2-3 rumpun per lubang dengan jarak tanam 20 cm.

Usai penanaman perdana, Pj Bupati Simalungun Binsar Situmoang mengatakan, Simalungun selama ini dikenal sebagai lumbung beras di Sumut dengan produksi padi yang sangat banyak.

Dengan penanaman padi sawah yang telah dimulai tersebut, diharapkan hasilnya nanti akan menambah persediaan padi di Simalungun.

Pemkab Simalungun memberikan perhatian besar pada sektor pertanian karena pendapatan domestik regional bruto (PDRB) di daerah itu berasal dari sektor pertanian.

"Penanaman pada sawah di Simalungun cukup banyak, tetapi kita lakukan penanaman perdana di sini. Ini diharapkan menambah semangat petani," katanya.

Penanaman padi perdana bersama unsur FKPD Simalungun tersebut juga bagian aksi dari rangkaian peringatan HUT Provinsi Sumut ke-68.

Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Oni K Goendong mengatakan, pihaknya menaruh perhatian besar, termasuk memberikan dukungan pada proses pertanian yang dilakukan masyarakat di daerah itu.

Hal itu disebabkan TNI memiliki perhatian besar dalam upaya memperkuat ketahanan dan kedaulatan pangan, bahkan telah melaksanakan MoU dengan sejumlah pihak.

Di Simalungun, pihaknya juga mengadakan kerja sama dalam peningkatan produksi pertanian untuk memperkuat surplus beras yang dimiliki daerah itu.

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016