Medan, 15/3 (Antara) - Kemajuan kepariwisataan pada suatu daerah tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah semata, namun juga perlu keterlibatan masyarakat lokal, selain dukungan infrastruktur yang memadai.

"Kami yakin kepariwisataan akan bisa berkembang dengan baik bila masyarakat juga memberikan kontribusinya," kata General Manager Hotel Internasional Sibayak Berastagi, Dedi Nelson, di Medan, Selasa.

Ia mengatakan, keterlibatan masyarakat untuk kemajuan kepariwisataan dapat dilihat pada beberapa negara maju seperti misalnya Spanyol, yang masyarakatnya lebih peduli dengan kebersihan dan keamanan.

"Masyarakat akan lebih bangga kalau kuliner mereka dapat di nikmati oleh wisatawan, demikian pula jika kesenian daerah mereka bisa dinikmati atau disaksikan oleh wisatawan," katanya.

Saat ini, kata dia, yang juga cukup penting adalah bagaimana pemerintah dapat mendorong dan memotivasi masyarakat agar lebih peduli dengan pariwisata dan dapat bersinergi bersama-sama memajukan kepariwisataan.

"Pemerintan harus dapat memberikan pemahaman, agar masyarakat dengan senang hati untuk memajukan parawisata di tanah air tercinta ini. Langkah-langkah yang berkesinambungan akan sangat efektif dalam meningkatkan kepedulian masyarakat di bidang pariwisata," katanya.

Menurut dia, yang menjadi prioritas saat ini adalah bagaimana wisatawan bisa merasa lebih nyaman saat datang ke suatu tempat wisata dan dapat lebih memperlama kunjungannya.

"Kami mendukung sepenuhnya Badan Otoritas Pariwisata Danau Toba dapat bergerak cepat dan tetap memperhatikan keterlibatan masyarakat di sekitanya," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016