Simangumban, 7/3 (Antara) – Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional di Kabupaten Tapanuli Utara selama seminggu ditargetkan menyentuh seluruh anak dibawah lima tahun dengan total jumlah sebanyak 35.268 orang.

“Pekan Imunisasi Nasional Polio menargetkan sebanyak 35.268 balita sasaran. PIN Polio ini harus menyentuh seluruh anak,” tegas Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Senin, di Dusun Lumbangaraga, Kecamatan Simangumban.

Nikson menyebutkan, sektor kesehatan juga menjadi sektor prioritas. Pencanangan PIN Polio tersebut akan menciptakan anak-anak yang sehat dan kebal terhadap ancaman penyakit berbahaya.

“Saya mengharapkan Dinas Kesehatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyadari betapa pentingnya imunisasi untuk anak-anak,” imbaunya.

Di samping itu, kata dia, keberadaan Polindes dan Puskesmas di wilayah itu  harus memadai dan memberikan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat dengan pelayanan sepenuh hati dan penuh keikhlasan dalam menyukseskan program dimaksud.

Secara detail, penegasan akan sasaran dan pelaksanaan PIN Polio ini juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Janri Nababan yang menyebutkan bahwa pencanangan program yang dimulai di Simangumban itu akan dilanjutkan ke seluruh daerah di Tapanuli Utara.

“Pelaksanaan PIN Polio di seluruh Kabupaten Tapanuli Utara  akan dilaksanakan dari tanggal 8 hingga15 Maret 2016 dengan sasaran anak usia 0-59 bulan dengan sasaran sebanyak 35.268 balita,” sebutnya.

Dikatakan, seluruh Puskesmas, Posyandu, Polindes, Poskesdes dan Puskesmas Pembantu di wilayah itu akan menjadi lokasi tempat pelaksanaan PIN.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Rinto Aritonang


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016