Tarutung, 9/2 (Antarasumut) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara melalui Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Binhot Isak Aritonang menegaskan, 95 persen penggunaan dana desa di 241 Desa se-Tapanuli Utara, tepat sasaran.

“Hasil evaluasi lapangan yang dilakukan, penggunaan dana desa di seluruh wilayah Tapanuli Utara terpantau sukses. Dimana, 95 persen penggunaannya, tepat sasaran,” terang Binhot, Senin.

Kesuksesan penggunan dana desa tersebut, menurut dia merupakan hasil evaluasi atas total persentase keberhasilan penggunaan dana desa yang disalurkan senilai Rp.64 miliar pada tahun anggaran 2015.

“Hampir keseluruhan peruntukkan dana digunakan sebagai dana pembangunan infrastruktur desa. Baik itu, infrastruktur jalan, jembatan, irigasi pertanian, parit jalan, dan lainnya,” sebutnya.

Kata dia, kesuksesan penggunaan tersebut, seperti layaknya pembangunan jalan rabat beton yang tepat sasaran dan berkualitas di Dusun Tapus, Desa Parsosoran, Kecamatan Garoga. Penggunaan dana di desa lainnya juga sangat mendapatkan apresiasi warga atas mutu pengerjaan yang jelas terlihat.

“Hampir di seluruh desa yang kita datangi dalam kepentingan pengawasan penggunaan desa ini, seluruhnya memberikan apresiasi kepada Pemerintah atas penerapan program nasional tersebut. Mereka memuji sinergitas pembangunan yang diseriusi Pemkab Taput,” ujarnya.

Selain kesuksesan penggunaan dana desa yang terpantau di Kecamatan Garoga tersebut, menurut Binhot, hal yang sama juga terlaksana di Muara Tolang, Desa Dolok Saut, Kecamatan Simangumban, juga di desa-desa lainnya yang tersebar di 15 Kecamatan se-Taput.

“Masyarakat kita sangat senang karena secara langsung dilibatkan dari mulai perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Sehingga, penggunaan dana desa yang tepat sasaran, sukses terwujud,” pungkasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Rinto Aritonang


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016