Seirampah, Sumut, 2/2 (Antara) - Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, terpilih sebagai kecamatan terbaik untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara untuk penilaian tahun 2015.

Penyerahan tunggul kecamatan terbaik itu diserahkan langsung Plt Gubernur Sumatera Utara,Tengku Erry Nuradi kepada Camat Pantai Cermin, Gunawan JW. Hasibuan SSTP yang laksanakan di Lapangan Theme Park Pantai Cermin, Selasa.

Dalam kesempatan itu Tengku Erry mengatakan camat sebagai perangkat daerah yang diangkat oleh bupati/walikota, selain menjalankan tugas atributif yang merupakan tugas pokoknya, juga melaksanakan tugas delegatif (pelimpahan) dari kepala daerah untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah. 

Hal ini mengakibatkan camat sebagai perangkat daerah memiliki kewenangan yang bersifat umum, karena menyangkut berbagai aspek dalam pemerintahan, pembangunan serta kemasyarakatan. 

"Terkait dengan hal tersebut, lanjut dia, sangat wajar jika kepada Camat yang telah menunjukkan prestasinya diberikan penghargaan sebagai apresiasi atas kinerjanya," katanya. 

Dalam kesempatan itu tengku erry juga mengimbau bupati/walikota sebagai atasan langsung untuk memberikan perhatian lebih kepada para camat yang telah menunjukkan prestasi terbaiknya, sedangkan bagi camat yang belum menunjukkan prestasinya, diminta untuk memacu kinerjanya pada masa mendatang.  

Pemberian penghargaan itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 9 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pada pasal 66.

Pasal tersebut menyebutkan peranan gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah yang dilaksanakan oleh perangkat daerah kabupaten/kota, kelurahan dan desa. 

"Dimana dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat agar dimaksimalkan, mulai dari daerah hingga pusat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sebelumnya Pj. Bupati Serdang Bedagai Ir. Alwin, mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemprov Sumut yang telah memberikan kepecayaan kepada "Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat" itu, khususnya Kecamatan Pantai Cermin menjadi kecamatan terbaik 2015.

"Penghargaan yang diraih ini akan semakin memotivasi untuk bekerja lebih keras demi semata-mata untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016