Medan, 29/1 (Antara) - Fakultas Pertanian Czech University of Life Sciences Prague, Republik Ceko menawarkan bantuan beasiswa kepada mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara.

"Tawaran untuk tugas belajar dan menimba ilmu bagi mahasiswa tersebut, merupakan kesempatan baik dan hal seperti ini jarang didapat," kata Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Riswanti Sigalingging, di Medan, Jumat.

Oleh karena itu, menurut dia, bagi mahasiswa yang berminat untuk menimba ilmu di Czech University dan dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin mengenai persyaratan yang diperlukan.

"Bagi mahasiswa yang memenuhi ketentuan, harus terlebih dahulu menjalani tes yang akan dilakukan Fakultas Pertanian USU, baik nilai akademik, prestasi belajar, kesehatan,kemampuan bahasa Inggris dan lainnya," ujar Riswanti.

Dia menyebukan, pada tahun 2016 ini, Czech University akan memerlukan dua mahasiswa pertanian USU yang dinilai berbakat dan memiliki prestasi sangat baik di kampus.

Kemungkinan pada tahun 2017 mendatang, universitas yang berada di Negara Eropa itu, akan memerlukan lagi 10 mahasiswa pertanian USU.

"Czech University sangat tertarik dengan prestasi dan kemampuan yang dimiliki para mahasiswa fakultas Pertanian USU," kata Dosen lulusan S-3 (PhD) dari Czech University.


Riswanti menyebutkan, perlunya perguruan tinggi dari Republik Ceko itu menerima mahasiswa pertanian USU, karena memiliki semangat belajar yang cukup tinggi, cerdas, baik dan disiplin.


Selain itu, adanya kerja sama Fakultas Pertanian Czech University dengan Fakultas Pertanian USU.


"Kerja sama kedua universitas tersebut, akan memberikan nilai tambah dan kemajuan bagi mahasiswa Fakultas Pertanian USU," kata Riswanti juga lulusan Strata -1 (Sarjana Teknik Pertanian) dari Fakultas Pertanian USU.


Sebelumnya, Fakultas Pertanian Czech University menjalin kerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dalam bidang sumber daya manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di perguruan tinggi negeri itu.


"Ketertarikan Czech University terhadap Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) karena potensi yang dimiliki mahasiswa yang dinilai cukup bagus," kata Wakil Dekan Fakultas Pertanian Czech University of Life Sciences Prague Bidang Internasional Prof Ing David Herak, PhD usai Seminar Nasional di Fakultas Pertanian USU di Medan, Rabu.


Czech University, menurut dia, tidak hanya melakukan kerja sama dengan Fakultas Pertanian USU, tetapi juga memberikan kesempatan menimba ilmu strata-2 (Master) dan Strata-3 (Doktor) di perguruan tinggi di luar negeri itu.


"Kami, sangat percaya kepada Fakultas Pertanian USU, dan alumninya juga ada lulusan doktor dari Czech University, ini merupakan kebanggaan serta prestasi yang luar biasa," ujar David didampingi Dosen Fakultas Pertanian USU Riswanti Sigalingging, PhD.


Ia menyebutkan, Fakultas Pertanian USU bukan hal baru bagi Czech University, tetapi merupakan salah satu perguruan tinggi dambaan yang dinilai tepat untuk melakukan kerja sama.***4***Budi Suyanto





(T.M034/B/B008/B008) 29-01-2016 13:13:16

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016