Binjai, Sumut, 17/12 (Antara) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, melakukan sidak ke berbagai pasar tradisional yang ada di daerah itu memantau harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru.


"Kita melihat langsung berbagai harga kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru," kata Pejabat Wali Kota Binjai Riadil Akhir Lubis, di Binjai, Kamis.

Dalam sidak ini Riadil mempertanyakan harga sayur mayur, beras, daging sapi serta berbagai kebutuhan pokok lainnya, dimana turut juga dalam sidak tersebut unsur Satpol PP, TNI, dan jajaran pejabat di lingkungan Pemkot Binjai.


Riadil menjelaskan sidak ini dilakukan untuk mengantisipasi melonjaknya sejumlah harga kebutuhan bahan pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Naru.



Dimana dari hasil sidak seluruh harga sayur mayur, beras, daging sapi dan bahan pokok lainnya masih dalam keadaan stabil, hanya sejumlah sayur mayur yang mengalami kenaikan akibat minimnya pasokan yang diterima pedagang dari pemasok.



Seperti harga bawang merah, yang biasanya dijual Rp26.000 per kilogram kini naik menjadi Rp 29.000 per kilogram, bawang putih juga mengalami kenaikan dari Rp18.000 kini naik menjadi Rp21.000 per kilogram, sementara untuk harga lainnya masih tergolong stabil.



Pihaknya memang sengaja melakukan sidak ini ingin mengetahui apakah ada lonjakan harga atau susahnya pasokan yang diterima pedagang, pemerintah kota mau tau semua itu, makanya langsung terjun kelokasi, katanya.



Jika diperlukan, lanjut Riadil, pihak Pemkot Binjai juga akan melakukan operasi pasar untuk mengantisipasi lonjakan harga pada saat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.



"Pemkot siap melakukan operasi pasar, biar warga Binjai yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru terbantu dengan adanya operasi pasar tersebut," sambungnya.***3***







(T.KR-IFZ/C/S015/S015) 17-12-2015 18:20:06

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015