Medan, 8/12 (Antarasumut) - Semua manusia pasti mempunyai kebutuhan baik yang sudah direncanakan maupun yang bersifat mendadak.

Untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak biasanya sudah disiapkan tabungan, apabila jumlah tabungan masih kurang, maka alternatif pilihan berikutnya adalah mencari pinjaman. Mengajukan pinjaman biasanya memerlukan jaminan dan beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi.

Masalahnya ketika tidak memiliki jaminan, memilih pinjaman uang tanpa syarat pada kredit tanpa agunan merupakan alternatif yang masuk akal.

Seseorang mengajukan pinjaman KTA karena banyak faktor, salah satunya butuh uang cepat, tetapi tidak memiliki aset untuk dijadikan jaminan.

Misal keluarga Anda sakit gawat dan harus dirawat di Rumah Sakit dengan biaya yang besar.

Sedangkan Anda tidak punya uang dalam jumlah cukup besar untuk biaya Rumah Sakit, mau mengajukan kredit dengan jaminan tidak ada aset yang bisa dijadikan jaminan. Apabila situasi ini terjadi biasanya kredit tanpa agunan menjadi alternatif, terlebih lagi banyak bank dan lembaga keuangan lainnya yang menawarkan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan pinjaman yang dikeluarkan oleh bank dan lembaga jasa penyedia pinjaman lainnya tanpa perlu jaminan. Hanya saja tetap ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh debiturnya, seperti jumlah penghasilan minimum per bulan mencapai 5 juta rupiah. Berikut ini 3 bank yang kredit tanpa agunannya banyak menjadi pilihan pelanggan:
 
Mandiri

Bank Mandiri mempunyai berbagai macam jenis KTA, dengan keunggulan masing masing jenis. Tetapi pada dasarnya ada 2 jenis KTA di Bank Mandiri, yaitu KTA  Payroll dan KTA Non Payroll. Mandiri KTA Payroll adalah KTA yang diberikan kepada nasabah yang gajinya ditransfer melalui Bank Mandiri.

Sedangkan KTA Non Payroll adalah KTA yang diberikan kepada  nasabah yang gajinya tidak ditransfer melalui Bank Mandiri. Keunggulan KTA Bank Mandiri antara lain, Terbuka untuk semua kalangan usia 21 tahun sampai 55 tahun, karena usia ini adalah usia produktif.

Bunga yang diberikan cukup rendah. Bagi nasabah KTA Payroll Mandiri bunga yang diberikan cuma 0,99%. Misal pinjaman Anda 10 juta rupiah dengan waktu pelunasan 24 kali, maka angsuran Anda setiap bulan 515,67 ribu. Sedang bagi nasabah KTA Non Payroll Mandiri bunga yang diberikan sekitar 1,47%,

Persyaratan mengajukan KTA cukup mudah, syarat pengajuannya sama dengan bank atau lembaga keuangan yang lain. Khusus bagi nasabah KTA Payroll Mandiri diberikan kemudahan lebih banyak. Anda cukup mengajukan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan Surat Keterangan Kerja serta Materai Rp.6.000,-

Cabang yang dimiliki Bank Mandiri sangat banyak, tersebar hampir di seluruh pelosok negeri, sehingga memudahkan akses dan transaksi.

Standard Chartered Bank

Standard Chartered Ini merupakan bank luar negeri yang berpusat di London, Inggris, namun sudah mempunyai banyak nasabah, khususnya sejak tahun 2000an.

Fleksibilitas dalam menentukan waktu pelunasan dan besarnya platform yang diberikan menjadi daya magnet tersendiri untuk menarik nasabah. Keunggulan dari Standard Chartered Bank antara lain,

Platform pinjaman yang diberikan mencapai 200 juta. Dengan platform sebesar itu Anda diberikan kebebasan secara finansial untuk mewujudkan impian, tanpa takut kekurangan dana.

Tanpa Agunan, sehingga nasabah tidak perlu pusing memikirkan jaminan.

Proses Mudah dan Cepat. Adanya jaminan dari bank menyetujui pengajuan KTA yang Anda ajukan dalam tempo 3 hari kerja sejak pengajuan, apabila telah lengkap semua persyaratan yang dibutuhkan.

Cicilan Tetap. Besarnya cicilan yang dibayar tetap setiap bulannya, sehingga memudahkan anda untuk mengatur pengeluaran financial setiap bulannya.

ANZ

Kredit tanpa agunan ANZ atau disebut pula dengan ANZ Personal Loan merupakan salah satu fasilitas yang diberikan untuk memudahkan nasabah ANZ meminjam dana tanpa menggunakan agunan atau jaminan.

ANZ Personal Loan ini memiliki 3 tipe peminjaman, yakni ANZ MoneyLine, ANZ Personal Loan Regular dan ANZ Personal Loan express yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Beberapa keunggulan dari KTA ANZ antara lain,

Memiliki limit pinjaman yang tinggi, yakni pinjaman sampai dengan 200 juta rupiah (untuk ANZ MoneyLine) dan 250 juta rupiah (untuk ANZ Personal Loan Regular dan ANZ Personal Loan Express)

Memiliki proses layanan yang cepat (untuk ANZ MoneyLine dapat diproses dalam 2 hari kerja, untuk ANZ Personal Loan program regular dapat diproses dalam 3 hari kerja, sedangkan untuk ANZ Personal Loan program Express hanya membutuhkan proses 1 hari kerja)

Pembayaran untuk angsuran ANZ sangat mudah dilakukan, dapat melalui ATM dan cabang ANZ, transfer antar bank dengan kode ANZ melalui lebih dari 40.000 ATM.

Apakah Anda tertarik dengan program ini, silahkan cari semua keterangan lebih lanjut secara online di web bank tersebut. Atau Anda bisa memanfaatkan lembaga yang menyediakan pinjaman online yang lebih praktis dan prosesnya lebih cepat daripada bank.

Syarat-syarat yang ditetapkan oleh media online tersebut kurang lebih sama dengan yang ditetapkan oleh bank. Proses pengajuan cukup mudah, karena pengajuan pinjaman diproses dengan teknologi canggih. Anda cukup mengajukan pinjaman secara online.

Berikut proses pengajuan pinjaman Kunjungi website pinjaman,

Pilih jumlah pinjaman yang dibutuhkan dan periode pinjaman, kemudian klik tombol “Ajukan Pinjaman”,

Sesudah pengajuan disetujui, peminjam akan dihubungi lewat telepon atau email untuk melengkapi dokumen tambahan yang dibutuhkan,

Kemudian peminjam akan dikirimi contoh surat perjanjian melalui email untuk dipelajari sebelum ditandatangani, termasuk syarat-syarat dan ketentuan serta jadwal angsuran,

Setelah itu surat perjanjian yang asli akan dikirim melalui pos untuk ditandatangani, Sesudah penyedia pinjaman online memeriksa data peminjam dan menerima kembali perjanjian yang sudah ditandatangani peminjam, maka uang akan ditransfer ke rekening peminjam,

Terakhir mereka akan mengirimkan jadwal jatuh tempo angsuran peminjam.

Pinjaman ini jelas menguntungkan bagi calon peminjam yang tidak memiliki jaminan apapun. Mereka tidak perlu pusing lagi mencari pinjaman maupun memikirkan jaminan.

Cukup menyediakan beberapa syarat yang relatif mudah, maka pinjaman dengan proses cepat segera didapatkan.

Beberapa dokumen yang harus dipenuhi ketika mengajukan pinjaman uang tanpa syarat pada kredit tanpa agunan antara lain,  surat keterangan penghasilan, formulir aplikasi, foto kopi kartu identitas diri dan buku tabungan.

Bila semua persyaratan dokumen sudah terpenuhi, biasanya akan ada konfirmasi identitas dan penghasilan. Pastikan Anda siap dihubungi setiap saat untuk konfirmasi tersebut. Jika semua sudah lancar, maka pinjaman akan segera cair.

Pinjaman uang tanpa syarat pada kredit tanpa agunan, bisa digunakan untuk menutupi kekurangan kebutuhan, jika dimanfaatkan secara bijaksana. Pahami prosedur dan syarat-syarat yang berlaku agar tidak menambah beban dikemudian hari.

Ditambah kemajuan di bidang teknologi dan keuangan yang semakin memudahkan proses pengajuan pinjaman. Semua kembali ke tangan Anda sendiri untuk menentukan pilihan.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015