Pagaran, 29/11 (Antarasumut) – Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan memerintahkan pembangunan sejumlah embung sebagai wadah air serta jaringan irigasi untuk menyelamatkan ratusan hektar areal persawahan tadah hujan di Desa Banualuhu, Kecamatan Pagaran, Taput.

“Pembangunan embung dan irigasi segera akan dilakukan di sini. Keluhan masyarakat petani kita, akan kesulitan air untuk mengairi ratusan hektar areal persawahannya merupakan kebutuhan yang mendesak,” terang Nikson saat meninjau ratusan hektar persawahan tadah hujan di Kecamatan Pagaran, Kabupaten Tapanuli Utara, akhir pekan ini.

Kata Nikson, keberadaan lahan persawahan yang hanya mengharapkan air hujan untuk mengairi areal pertaniannya menjadi kendala utama dalam peningkatan produktifitas padi.

Kenyataan tersebut juga telah berdampak pada musim tanam yang seharusnya bisa dijadikan dua kali dalam setahun menjadi terbatas hanya satu kali musim tanam saja.

“Makanya, untuk peningkatan produktifitasnya. Ini harus diselesaikan dahulu, dimana jaringan irigasi yang baik tersedia, serta pasokan air untuk mengaliri lahan tersebut juga terpenuhi,” katanya.

Nikson langsung memerintahkan Kepala Dinas terkait untuk segera menindaklanjuti rencana pembangunan embung dan irigasi di hamparan lahan yang dikenal masyarakat setempat sebagai daerah “pea” itu.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Rinto Aritonang


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015