Pegajahan, 25/11 (Antarasumut) - Untuk mewujudkan generasi penerus yang berkualitas tentunya akan dihadapkan pada tantangan-tantangan seperti dibidang kesehatan.

Dimana Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) salah satu daerah yang harus diwadpadai terhadap indemik penyakit kaki gajah, penyalahgunaan narkoba, HIV dan AIDS yang dapat mempengaruhi perkembangan jasmani dan rohani bagi kita terutama bagi anak-anak.

Demikian dikemukakan Pj. Bupati Sergai Ir.H.Alwin, M.Si dalam sambutannya sekaligus membuka acara Bulan Balita dan Bina Generasi Muda Remaja serta Pencanangan Kesatuan Gerak PKk-KKBPK-Kesehatan Tahun 2015 di aula Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Rabu (25/11).

Tantangan berikutnya lanjut dia, adalah maraknya kekerasan dalam rumah tangga n (KDRT), kekerassn terhadap anak, perdagangan perempuan dan anak, kekerasan seksual, ditambah lagi dengan permasalahan ekonomi yang senantiasa mengancam.

Untuk itu diperlukan perhatian dari pemerintah, masyarakat termasuk Tim Penggerak PKK. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan peran serta dari Tim Penggerak PKK dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Olehnya ia selaku ketua Dewan Pembina Tim penggerak PKK Kabupaten Sergai menyatakan rasa terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tim Penggerak PKK dalam menyelenggarakan Bulan Balita dan Generasi muda/remaja serta pencanangan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kabupaten Sergai Tahun 2015, kata Ir.H.Alwin.

"Kita harus yakin bahwa kegiatan yang setiap tahun dilaksanakan ini sangatlah strategis, karena kegiatan ini mempersiapkan anak muda remaja agar sehat, berani, cerdas, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan dan berkepribadian mandiri, ujar Pj.Alwin.

Sebelumnya ketua panitia penyelenggara Ny. Hj. Usma Polita yang dibacakan oleh Ny.Hj.Imas Haris Fafillah melaporkan tujuan dan sasaran kegiatan ini diantaranya pertama untuk membina dan menumbuhkembangkan bakat/kreativitas/inovasi /imsjinasi serta ketrampilan anak balita sejak dini.

Kedua unyuk meningkatkan kevintaan terhadap lingkungan dan tanah air, ketiga meningkatkan kemampuan balita agar lebih terampil dan mandiri serta untuk memotivasi generasi muda/remaja agar mampu menjadi generasi penerus yang sehat, cerdas dan terampil.

Acara tersebut diwarnai dengan berbagai perlombaan antara lain lomba balita terditi dari lomba balita bercerita cinta tanah air, lomba balita bernyanyi, lomba balita menyusun balok. Sedangkan untuk lomba generasi muda/remaja terdiri dari lomba pidato persepsi remaja, lomba cipta Alat Permainan Edukayif (APE), lomba penyuluhan penyakit kaki gajah.

Untuk pencanangan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan telah diadakan pelayanan gratis, pelayanan kesehatan umum, Posbindu dan pemeriksaan gigi. Sedangkan juri dari kegiatan tersebut terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Sergai, GOPTKI, PAUD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Kesbangpolinmas dan Bagian Hukum.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015