Tebingtinggi, 24/11(Antarasumut) - Anugrah Piala Adipura 2015 yang diraih Kota Tebing Tinggi,saat tiba di perbatasan Kota disambut meriah segenap warga Tebing Tinggi langsung diarak ke seluruh penjuru Kota Tebing Tinggi, Selasa.

Arak-arakan Piala Adipura yang dibawa Kadis Kebersihan dan Pertamanan Hj.Rusmiyati Harahap dan Kepala kantor Lingkungan Hidup Idham Khalid, disambut ribuan warga Tebing Tinggi sejak masuk diperbatasan Kota Tebing Tinggi Jl.Kol.L.Yos Sudarso
  
Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan saat merayakannya di Lapangan Merdeka mengatakan kedepan akan mencanangkan Kota Tebingtinggi menjadi kota sahabat, karena kita cinta Tebingtinggi.

Dikatakan Untuk mendapat Piala Adipura ini tidaklah gampang. Saya saja selaku Walikota Tebingtinggi harus mengikuti ujian yang dibuat panitia secara tertutup untuk mendapatkan Adipura itu selama dua jam”, jelas Umar.
 
Karena ‘pasukan kuning’ (petugas kebersihan) telah mampu membuat Kota Tebingtinggi meraih Piala Adipura, maka sesuai dukungan anggota DPRD Tebingtinggi kita akan menaikkan honor untuk petugas kebersihan dan memberangkatkan para pembersih sampah untuk pergi berlibur ke Parapat”, ujarnya
 
Katanya di Sumatera Utara, hanya dua kabupaten kota menerima Piala Adipura yaitu Kota Tebingtinggi menerima Adipura sebagai kota sedang dan Kabupaten Deli Serdang sebagai kota kecil.

Kebersihan bukan hanya tanggungjawab  pemerintah setempat tetapi menjadi tanggungjawab komponen masyarakat yang harus bisa membantu menanggulangi permasalahan sampah di Tebingtinggi.
 
Saya bersama komponen masyarakat mengucapkan terimakasih kepada bank-bank sampah dan aktivitas sampah yang terus mengkampayekan masalah sampah. Intinya, kita harus bergotong royong bersama-sama dalam menanggulangi sampah”, kata Umar.
 
Selain mendapat Piala Adipura, Kota Tebingtinggi melalui SMA Negeri I juga menerima Piala Adiwiyata tingkat Nasional, selanjutnya Pemerintah Kota Tebingtinggi tetap mendukung untuk bisa meraih Adiwiyata tingkat internasional.
 
Ketua DPRD Tebingtinggi Muhammad Yuridhp Chap katakan terus mendukung program pemerintah Kota untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Terkait akan dinaikannya honor petugas kebersihan dan penyapu jalan karena telah berhasil membuat Tebingtinggi bersih, kita seluruhnya sepakat akan tetap membantu. “Pasti kita dukung untuk kenaikan honor penyapu jalan menjadi Rp 60.000 dari sebelumnya Rp 45.000 perhari”, tegas Ridho Chap.
 
Dalam kegiatan itu, Pemko Tebingtinggi juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada dua kelompok tani berupa mesin traktor tanam padi dan pameran hasil pengolahan limbah sampah rumah tangga

Kepala DKP Hj.Rusmiyati Harahap,menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Walikota Tebing Tinggi yang memberikan dukungan sepenuhnya atas program kerja DKP, reword yang diberikan dengan menaikan honor para petugas kebersihan menjadi motivasi kami terus kedepan berbuat lebih baik lagi.

Dikatakan, seperti ungkapan merebut itu lebih gampang dari mempertahankan, dengan Walikota yang tetap berkomitmen, kami yakin Kebersihan Tebing Tinggi kedepannya akan lebih baik lagi dari yang sekarang ini, dan bukan tidak mungkin bakal bisa pula meraih Adipura Kencana.

Kuncinya hanya satu, yakni Kebersamaan kita semua, Pemerintah Kota,dukungan DPRD,segenap elemen masyarat, para pengsuha. pedagang Kaki lima, Pelajar semuanya bersama-sama bersikap bahwa masalah persampahan adalah juga bagian dari tanggungjwab bersama, bukan hanya diserahkan kepada petugas kebersihan saja,ujar Rusmiyati.

Kepala DKP berharap tugas dan tanggungjawab masalah kebersihan Tebing Tinggi tidak boleh berhenti sampai disini saja, ini baru langkah awal setelah 19 tahun terhenti, bekerja dan terus bekerja.
 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Dhani Elison


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015