Padangsidimpuan 24/11 (Atarasumut)- Walikota Andar Amin Harahap menegaskan laporan keuangan termasuk rutinitas kegiatan tahunan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) perlu segera disusun.

"Bimbingan teknis (Bimtek) ini merupakan salah satu wahana meningkatkan kapasitas agar para peserta dapat lebih memahami langkah-langkah dalam melakukan penysunan neraca awal," ujar walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap, S.STP, MSi melalui Asisten Administrasi Umum Drs.H.Abdul Rosad Lubis, MM saat membuka acara Bimtek penyusunan neraca awal di Aula MAN 2 Model, Jalan Sutan Soripada mulia, Padangsidimpuan, Selasa.

Selanjutnya dikatakan   terciptanya laporan keuangan yang baik dan sesuai dengan aturan yang ditentukan dibutuhkan peningkatan kapasitas bagi pejabat terkait melalui berbagai pelatihan maupun bimbingan teknis seperti yang dilaksanakan oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah.

"Untuk itu saya berharap dengan adanya Bimtek ini agar para peserta benar-benar memahami penyusunan necara awal," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Asset Daerah Erwin Hotmasnyah Harahap, S.STP juga menjelaskan instansinya akan memberikan uang persediaan pada Minggu pertama Januari 2016 bagi SKPD yang laporan keuangannya sudah selesai dengan catatan RAPBD TA 2016 Pemko Padangsidimpuan disahkan pula oleh DPRD pada Minggu pertama Desember 2015.

"Para kasubbag keuangan, bendahara pengeluaran, bendahara penerimaan dan pengurus barang SKPD benar-benar mengikuti Bimtek sehingga tidak ada lagi kendala dalam melaksanakan tugas pelaporan keuangan di SKPD masing-masing," jelasnya.

Sebelumnya ketua panitia pelaksana kegiatan Elina Sari, S.Sos mengatakan kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memantapkan kesiapan SKPD dalam penyusunan laporan keuangan berbasis akrual yang diterapkan pada penyusunan laporan keuangan Tahun 2015.

Adapun peserta kegiatan terdiri dari Kasubbag Keuangan, bendahara penerimaan, bendahara pengeluaran dan pengurus barang SKPD Se-Pemko padangsidimpuan.

"Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 24-26 November 2015 dengan menghadirkan narasumber dari tim Restatemen Pemko Padangsidimpuan diantarnya Ramli Lubis, Raziah, Daniel Hutabarat dan Arnelia.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015