Lubukpakam, Sumut, 1/11 (Antara) - Kementerian Komunikasi dan Informatika akan memperluas jaringan akses internet di Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, sebagai upaya percepatan pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi di daerah itu.

"Itu juga demi terwujudnya percepatan penyediaan akses internet secara berkelanjutan dalam rangka pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Deliserdang," kata Kepala Dinas Infokom Deliserdang Neken Ketaren di Lubukpakam, Minggu.

Perluasan akses internet tersebut merupakan bagian dari kerja sama Pemkab Deliserdang dengan Ditjen Penyelenggaraan Pos Dan Informatika Kemkominfo.

Ia mengatakan, dengan kehadiran sarana dan prasarana tersebut nantinya, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan dan kualitas informasi bagi masyarakat melalui internet, khususnya bagi daerah yang masih sulit mengakses internet.

Untuk tahap pertama, penempatan sarana internet itu diprioritaskan di sejumlah sekolah dan seluruh puskesmas serta beberapa kantor camat yang jauh dari ibu kota kabupaten.

Menurut dia, bentuk kerja sama tersebut, Kementerian Kominfo menyediakan akses internet pada lokasi yang telah disediakan oleh  Pemkab Deliserdang.

Kemudian, memberikan pelatihan teknis kepada petugas/operator  internet, sementara dari Pemkab Deliserdang sendiri menyediakan lokasi dan perangkat pendukung.

"Seperti personal computer pendukung, kemudian menyediakan catur daya yang memadai untuk penyediaan akses internet," katanya. ***4***

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015