Tobasa, 10/10 (Antara) - Pemkab Toba Samosir (Tobasa), mempersiapkan kader bina keluarga balita (BKB) terampil dan berwawasan keluarga sehat yang mampu berperan memberikan informasi guna mengajak, serta membina masyarakat sasaran dalam sepuluh kecamatan di daerah tersebut.

"Pembekalan diberikan melalui pelatihan tenaga pendamping untuk menyiapkan dan mencetak
kader terampil yang berwawasan keluarga sehat serta mampu berperan memberikan
informasi,  sekaligus membina masyarakat sasaran BKB," kata Kepala Badan PPAKB Kabupaten Tobasa,  dr. Pontas Batubara di Tampahan, Sabtu.

Sepuluh kecamatan yang mengikuti pelatihan sesuai jadwal hingga Kamis (22/10) itu, yakni Tampahan, Nassau, Sigumpar, Lumban Julu, Porsea, Balige, Siantar Narumonda, Bonatua Lunasi, Parmaksian dan Kecamatan Pintu Pohan Meranti.

Menurut Pontas, mempersiapkan keluarga berkualitas dalam melakukan pembinaan anak sejak dini merupakan program keluarga berencana dan pembangunan sumber daya manusia yang menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Pelatihan diselenggarakan selama satu hari pada setiap kecamatan," kata mantan Kadis Kesehatan Tobasa itu.


Saat pembukaan pelatihan di Kecamatan Tampahan, Asisten Pemerintahan Pemkab Tobasa, Robert Gono menyampaikan harapannya agar program pelatihan dimaksud dapat dimanfaatkan para kader BKB untuk meningkatkan kemampuan dalam membina anak balita.

"Langkah ini merupakan antisipasi dini untuk menghindarkan anak dari berbagai aktivitas yang dapat
mengancam masa depan anak," kata Robert.

Harapan senada disampaikan Ketua TP. PKK Kabupaten Tobasa yang diwakili Ny. Salomo Simanjuntak, agar para kader BKB dapat memberikan penyuluhan kepada orang tua balita yang tingkat kemampuannya berbeda-beda.

"Keberadaan kader BKB juga sangat membantu program PKK, karena kegiatan yang mereka laksanakan termasuk salah satu program pada Pokja II dalam struktur organisasi TP. PKK," katanya.

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015