Rantauprapat, 18/9 (Antarasumut) - Plh. Bupati Labuhanbatu Ali Usman Harahap secara resmi membuka Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang ditandai dengan melepas balon dan menyematkan topi kepada dua orang peserta.

Acara pembukaan dan pelepasan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru) tersebut berlangsung, Jum’at (18/9) pagi di Lapangan Volly Ball Yayasan ULB Jalan SM Raja Rantauprapat, sedangkan kegiatan rutin tahunan itu dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 18-19 Sepetember 2015 di Rantauprapat.

Dalam kesempatan itu ia mengingatkan para calon mahasiswa untuk mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru ini dengan penuh keikhlasan, karena kegiatan ini mengandung makna yang sangat positif untuk kelanjutan pendidikan anak-anak di tingkat perguruan tinggi.

Menurut Ali Usman salah satu tujuan dari pada PKKMB ini adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan.

Ia menambahkan, bahwa inti dari pengenalan kampus tersebut adalah bagaimana mensosialisasikan pola kehidupan kampus yang akan secara perlahan bergerak kepada alam kehidupan rasional yang ber-integritas, inilah yang mau diasah dan yang mau diterapkan dalam dua hari ini.

"Pesan saya, semua orientasi apapun jangan ada mendongkol, karena kita disini adalah untuk melunturkan sebuah menset kita dan memposisikan keberadaan kita dalam sebuah kebersamaan untuk meraih sebuah cita-cita dan mimpi yang sama," katanya.

Sementara, Koordinator Bidang Akademik atau Wakil Ketua Yayasan ULB (Universitas Labuhanbatu) Drs. Bisman Siregar dalam kesempatan itu mengemukakan, bahwa kegiatan PKKMB ini dilaksanakan oleh pihak yayasan untuk memberikan pengertian kepada para mahasiswa baru.

Bahwa dalam memasuki kehidupan kampus memerlukan kesiapan psikologis maupun sosial untuk dapat baradaptasi secara cepat dengan kehidupan kampus pada umumnya dan sistem pembelajaran pada khususnya.

Lebih lanjut Bisman Siregar mengatakan, pada dasarnya pelaksanaan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru di perguruan tinggi adalah merupakan salah satu upaya proses percepatan adaptasi dari pembentukan pribadi mahasiswa yang utuh, professional dan siap menghadapi tantangan dimasa depan.



Pewarta: Tanjung

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015