Samosir, Sumut, 28/9 (Antara) - Kalangan nelayan di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara, menyatakan kesiapan untuk mendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati, Rapidin Simbolon-Juang Sinaga pada pilkada 2015.

Menurut perwakilan nelayan Ronald Simarmata di Samosir, Minggu, bentuk dukungan itu diberikan karena pasangan nomor urut 4 tersebut memiliki kepedulian dengan kelangsungan ikan pora-pora yang merupakan ikan khas etnis Batak.

Pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan tersebut dinilai telah melakukan kerja sama dengan LIPI untuk mengetahui penyebab berkurang populasi ikan Pora-pora itu.

"Terimakasih atas inisiatif ini yang mau memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Dan kami akan mengumpulkan dana untuk membantu biaya kampanye mereka (Rapidin-Juang)," katanya.

Calon bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, berkurangnya populasi ikan Pora-pora di perairan Danau Toba sangat mempengaruhi perekonomian kalangan nelayan dan masyarakat.

Pihaknya berjanji, saat hasil penelitian LIPI telah diketahui, pihaknya akan menabur benih ikan Pora-pora ke perairan Danau Toba di wilayah Samosir pada November 2015.

"Kami memiliki komitmen untuk menyejahterahkan masyarakat dengan perekonomian semakin membaik," ujar Rapidin. ***2***


Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015