Seirampah, Sumut, 17/9 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, mengajak masyarakat untuk "merasa memiliki" dengan turut menjaga berbagai fasilitas umum yang telah dibangun pemerintah pusat maupun pemerintah daerah setempat.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sosial (Ekbangsos) Pemkab Serdang Bedagai, Hadi Winarno di Seirampah, Kamis, mengatakan pihaknya mengajak masyarakat ikut serta memelihara dan menjaga fasilitas umum agar hasil pembangunan dapat bertahan lama.

"Sebab disisi lain akibat kurangnya rasa memiliki masyarakat terhadap fasilitas umum tersebut kebanyakan tidak bertahan lama," katanya.

Ia mengatakan, memasuki usia ke-12 tahun pada tanggal 7 Januari 2016, Kabupaten Serdang Bedagai saat ini telah memiliki jalan nasional sepanjang 99,77 km, jalan provinsi 91,76 km, jalan kabupaten 783,64 km dan jalan dusun sepanjang 654,70 km yang semuanya dalam kondisi baik.

Pemerintah daerah didukung oleh seluruh komponen masyarakat juga fokus kepada pembangunan pelayanan dasar dengan membangun satu rumah sakit umum daerah, 77 puskesmas pembantu, 221 poskesdes, 29 unit SMA/SMK Negeri, 40 unit SMP Negeri serta 429 unit SD Negeri.

Semua fasilitas tersebut semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta untuk menyahuti kebutuhan masyarakat.

Menurut dia, banyak faktor yang mempengaruhi lancarnya pembangunan di kabupaten "Tanah Bertuah Negeri Beradat" tersebut, antara lain keterbatasan anggaran daerah untuk perbaikan jalan, struktur tanah dan drainase yang kurang mendukung.

Demikian juga kesadaran masyarakat dalam membantu menjaga infrastruktur sangat diperlukan, lalu lintas harian jalan yang kurang baik dan "over tonase" kendaraan serta meningkatnya jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan luas jalan.

Hal tersebut bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata, melainkan masyarakat harus ikut serta bersinergi sesuai dengan peran masing-masing, katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015