Medan,  (Antara) - Manajemen Telkomsel memperkirakan penggunaan pesan singkat atau SMS di wilayah Sumatera Bagian Utara naik 20,97 persen dari kondisi normal pada H-1 Idul Fitri 2015.

"Penggunaan layanan data juga meningkat hingga 23,63 persen, manajemen sudah mengantisipasi dan bersiap memenuhi kebutuhan komunikasi pelanggan di Idul Fitri tahun ini," kata General Manager ICT Operation Region Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Ahmad Wahyudi di Medan, Senin.

Namun, pihaknya memperkirakan layanan voice (suara) akan mengalami penurunan meski persentasenya tidak signifikan yakni 2,02 persen.

Ia menjelaskan, pada tahun 2015 Telkomsel secara khusus melakukan antisipasi lonjakan tersebut dengan melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan layanan.

Dengan langkah itu, maka untuk "voice" bisa dilayani dengan kenaikan hingga 100 persen.

Sedangkan untuk SMS, Telkomsel mampu melayani dengan kenaikan hingga 25 persen bagi pengguna pesan pada saat bersamaan. Adapun untuk layanan data bisa dilayani hingga lonjakan 30 persen.

"Semua itu menunjukkan bahwa Telkomsel sudah siap melayani pelanggan dengan baik pada Idul Fitri seperti tahun-tahun sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan, kenaikan yang lebih besar merupakan dampak berubahnya kebiasaan pelanggan dari menggunakan SMS ke "messenger" dan jejaring sosial dalam mengucapkan "Selamat Berpuasa" dan Idul Fitri".

General Manager Sales Region Sumbagut Nurcahyo Priyadi mengatakan, dalam menghadapi Idul fitri, Telkomsel juga menjaga ketersediaan produk.

Ia mencontohkan dengan kebijakan untuk meningkatkan distribusi produk dan ketersediaan pengisian pulsa hingga dua kali lipat dari kondisi normal.

Ketersedian itu bukan hanya di outlet, namun di semua "channel" distribusi baik "traditional channel" (M-Kios dan voucher fisik) mau pun "modern channel" (ATM, T-Cash, transfer pulsa dan lainnya).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, kata dia, peningkatan pengisian pulsa saat Ramadhan dan Idul Fitri meningkat hingga 40 persen.

Manajemen juga mengaktifkan layanan GraPARI Telkomsel Merah Putih Medan hingga 24 Jam. "Manajemen berharap semua pelanggan Telkomsel di Sumbagut mendapatkan layanan maksimal dengan kualitas jaringan terjamin," kata Nurcahyo.

Hingga Mei 2015, jumlah pelanggan Telkomsel Regional Sumbagut sudah mencapai lebih dari 14 juta dari total di Sumatera yang sebanyak 39 juta dan nasional 141 juta. ***3***
(T.E016/B/I. Arfa/I. Arfa)

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015