Binjai, Sumut, 21/6 (Antara) - Pemerintah Kota Binjai, Sumatera Utara, menjamin elpiji 3 kilogram yang dibutuhkan masyarakat di daerah itu aman dan tersedia hingga Lebaran.

"Elpiji kebutuhan warga aman dan stok tersedia, tidak ada kelangkaan," kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Binjai Ahmad Ilham di Binjai, Minggu.

Menurut dia, gas elpiji 3 kg itu cukup tersedia dan tidak perlu disangsikan karena stoknya cukup melimpah dan semuanya ada di pasaran.

Untuk Tahun 2015, Kota Binjai mendapatkan kuota elpiji 3 kg sebanyak 2.290.333 tabung atau rata-rata 7.341 tabung per hari.

Jumlah gas ukuran 3 kg tersebut  meningkat dibanding kuota tahun lalu sebanyak 1.884.480 tabung atau 6.040 tabung per hari.

Ia menjelaskan, sesuai rapat pembahasan elpiji beberapa waktu lalu, pihak Pertamina Marketing Operation Regional 1 Medan telah menjamin ketersediaan elpiji 3 kg untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1436 Hijryiah.

"Jadi, stok gas elpiji 3 kg di Binjai tidak ada masalah," ujarnya.

Ia menambahkan, tim pengawasan elpiji 3 kg akan terus mengawasi distribusi gas bersubsidi itu, khususnya selama bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri guna meghindari isu-isu kelangkaan.

Namun apabila sampai terjadi kelangkaan, pihaknya sudah siap mengatasi dengan "saving emergency" pada tiga hari sebelum dan tiga hari sesudah hari raya.

Sementara itu, salah seorang warga Binjai Taufik mengatakan, pihaknya berterima kasihnya kepada Pemkot Binjai atas keterjaminan elpiji selama bulan Ramadhan hingga Lebaran.

Ketersediaan itu sangat memberikan arti positif buat masyarakat, sehingga tidak lagi merasa was-was dengan kelangkaan elpiji.

"Ternyata, stok gas cukup dan bisa memenuhi kebutuhan warga kota ini," katanya. ***3***
(T.KR-IFZ/B/I. Arfa/I. Arfa) 21-06-2015

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015