Seirampah, Sumut, 7/6 (Antara) - SMA Negeri 1 Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, meraih penghargaan dibidang lingkungan hidup "Adiwiyata Mandiri" Tahun 2015, karena berhasil menerapkan konsep pelestarian lingkungan.

"Bupati Soekirman memberikan apresiasi atas prestasi yang diperoleh SMAN 1 Pegajahan karena sebagai salah satu dari 95 sekolah penerima penghargaan se-Indonesia," kata Kabag Humas Pemkab Serdang Bedagai, Indah Dwi Kumala yang dihubungi dari Medan, Minggu.
Ia mengatakan, penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan dalam bentuk apresiasi kepada sekolah yang mampu mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan dengan melaksanakan upaya peningkatan serta berhasil dalam pengembangan pendidikan lingkungan hidup.
Sehingga dapat tercipta kondisi lingkungan yang baik serta dapat meningkatkan kondisi belajar mengajar yang nyaman, kondusif bagi sekolah maupun masyarakat di luar lingkungan sekolah.
Selain mempunyai perhatian khusus terhadap lingkungan dalam proses belajar mengajar, juga harus menanamkan partisipatif diri terhadap lingkungan sekitarnya.
Adapun inovasi yang dilakukan SMAN 1 Pegajahan, diantaranya telah melakukan pembinaan sekolah Adiwiyata sejak tahun 2013 hingga sekarang di 16 sekolah di Serdang Bedagai.
Mengembangkan sistem manajemen lingkungan di dua progran studi IPA dan IPS, melakukan Jumat Bersih, Hebring (Hemat BBM dan ramah lingkungan).
Selain itu  memiliki kantin sehat dan ramah lingkungan dengan memiliki sertifikat pengujian limbah kantin, penanaman pohon, pembuatan sumur resapan dan lubang biopori, serta satu-satunya sekolah di Indonesia yang mempunyai Water Recyle yaitu pemanfaatan air buangan kamar mandi untuk djadikan air bersih.
Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras bersama semua warga sekolah dan dukungan Pemkab Serdang Bedagai.
Untuk itu diharapkan dapat menularkan prinsip-prinsip adiwiyata kepada sekolah binaannya, sehingga, bukan hanya penghargaan yang diperoleh, akan tetapi juga terciptanya lingkungan hidup yang baik di seluruh sekolah se-Sergai.
Sebelum meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri ini, Kabupaten "Tanah Bertuah Negeri Beradat" itu telah memperoleh dua Penghargaan Adiwiyata tingkat nasional yakni SMAN 1 Pegajahan pada tahun 2013 dan SMAN 1 Sei Rampah pada bulan Desember 2014 yang lalu.
"Dengan demikian Kabupaten Serdang bedagai mengalami peningkatan prestasi yang membanggakan," katanya.***4***

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015