Tarutung, Sumut, 12/5 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Pemkab Taput) melaksanakan lelang jabatan melalui sistem fit and proper test yang akan digelar daerah itu pada 27 Mei 2015 hingga 2 Juli 2015 mendatang atas sebanyak 578 jabatan struktural eselon IV di lingkungan Pemerintahan setempat.

“Badan Kepegawaian Daerah (BKD), selaku panitia, pada tanggal 8 Mei 2015, telah melaksanakan pengumuman soal lelang terbuka ini melalui situs resmi Pemkab Taput serta melalui media cetak yang ada. Kegiatan ini merupakan perwujudan atas visi misi Pemkab yang menginginkan aparatur pemerintahannya memiliki kualitas,” terang Kepala Bidang Pengembangan BKD Taput, Budiman Simatupang, Selasa, di Tarutung.

Untuk keadaaan saat ini, kata Budiman, dari jumlah total 578 jabatan struktural yang dilelang, sejumlah 126 jabatan, dinyatakan sedang lowong.

“Dari keseluruhan jabatan itu, ada 126 jabatan yang masih kosong. Hal itu serta merta akan diisi oleh pelamar yang sukses menghadapi fit and proper test. Ini merupakan kelanjutan agenda yang sama bagi pejabat eselon III, yang saat ini tinggal menunggu pengumuman hasil,” sebutnya.

Menurut Budiman, sesuai jadwal proses lelang jabatan ini, setiap pelamar harus menyerahkan berkas lamaran pada tanggal 11-22 Mei 2015, yang akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan seleksi administrasi serta pengumuman hasil seleksi pada tanggal 25 Mei 2015 oleh BKD selaku Panitia.

“Dalam seleksi administrasi ini, syarat yang harus dipenuhi setiap pelamar jabatan eselon IV.a meliputi status sebagai PNS, minimal pangkat Penata Muda (III/b) dan tidak sedang menduduki jabatan fungsional, tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang maupun berat, serta harus memiliki latar belakang pendidikan minimal SLTA/sederajat. Syarat tersebut berlaku bagi pelamar eselon IV.b, kecuali minimal pangkat Penata Muda (III/a) sebagai pembeda,” jelasnya.

Budiman menyebutkan jika setiap pelamar yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan tahapan proses dalam penyampaian makalah yang menggambarkan topik, problem statemen jabatan yang akan dilamar sesuai analisis SWOT, yang akan dilaksanakan pada 25-26 Mei 2015. Dan selanjutnya akan menghadapi seleksi fit and proper dihadapan Tim Penguji Perkumpulan Lembaga Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Indonesia (PLPPMI).

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015