Limapuluh, 2/3 (Antarasumut) - Kabupaten Batubara memiliki potensi peternakan yang masih dapat ditumbuhkembangkan," kata Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Setdakab Batubara Erwin, SE Senin, pada Apel Gabungan di Kantor Bupati.

Ia mengatakan berdasarkan data hasil sensus ternak sapi tahun 2014, Kabupaten Batubara menduduki peringkat ketujuh sebagai daerah dengan populasi ternak sapi terbanyak se-Provinsi Sumatera Utara yakni lebih kurang 28.394 ekor.

Dan dalam rangka mendukung pembangunan secara terpadu dan menyeluruh di Kabupaten Batu Bara, diperlukan kerjasama yang baik diantara lintas sektor, termasuk diantaranya sub sektor peternakan.

Guna meningkatkan populasi ternak yang berkualitas, Pada tahun 2015 ini Dinas peternakan Kabupaten Batu Bara fokus pada beberapa program prioritas diantaranya sinkronisasi/Penyerentakan berahi melalui penyuntikkan hormon sehingga sejumlah ternak dapat dikawinkan.

Inseminasi buatan (Kawin Suntik), sebagai salah satu penerapan teknologi tepat guna dengan tujuan menyebarkan semen (bibit) ternak unggul.

Integrasi Sapi/Kerbau dengan tanaman pangan / sawit, merupakan hubungan yang saling menguntungkan (Simbiosismutualisme) antara ternak sapi/kerbau dengan kawasan perkebunan atau kawasan pertanian

Pelayanan kesehatan hewan, sebagai upaya peningkatan kualitas ternak melalui pencegahan dan pemberantasan penyakit hewan
Pelayanan kesehatan masyarakat veteriner, sebagai upaya penjaminan keamanan pangan asal hewan melalui pengawasan pemotongan hewan dan peredaran daging di Kabupaten Batubara

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015