Perbaungan, 9/4 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, terus berupaya meningkatan kompetensi tenaga guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), diantaranya dengan menggelar berbagai pelatihan.

"Kita berharap dengan pelatihan-pelatihan itu, kompetensi guru PAUD di Sergai akan terus meningkat," kata Bupati Sergai soekirman di Perbaungan, Kamis, saat membuka pelatihan kompetensi tenaga pendidik PAUD se-Kabupaten Sergai tahun 2015.

Ia mengatakan pendidikan anak usia dini yang dewasa ini dikenal dengan PAUD, merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis kerena masa usia dini merupakan masa emas untuk peletak dasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Menyadari itu, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini yang disenergikan dengan program pembangunan lainnya.

"Dengan demikian kita harapkan generasi yang berkualitas, sehat jasmani, cerdas, beriman dan berkepribadian serta mandiri dapat terwujud," katanya.

Ia berharap melalui pelatihan tersebut para guru yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, kehidupan sosial dan ekonomi akan diberikan bekal ilmu pengetahuan tentang proses belajar mengajar yang benar di PAUD ini.

"Dengan terlatihnya para guru tersebut hal ini jelas berdampak positif dan merupakan pondasi yang kuat untuk membangun mental, karakter dan kecerdasan anak sebagai asset masa depan," katanya.

Dalam kesempatan itu ia juga mengingatkan kepada semua pihak terutama Tim Penggerak PKK dan Forum PAUD tetap memberikan penyuluhan kepada masyarakat bahwa peran orang tua dan keluarga juga tidak kalah pentingnya untuk mengantarkan anak usai dini menjadi manusia yang berkualitas.

"Jadikan keluarga sebagai tempat pertama dan utama dalam menyesuaikan nilai-nilai yang baik dengan masyarakat," katanya.

Ketua Forum PAUD Sergai, Marliah Soekirman mengatakan pelatihan kompetensi guru PAUD tersebut sangat penting dalam upaya meningkatkan pengetahuannya sehingga proses belajar mengajar disemua kelompok bermain semakin berkualitas.

"Kita harus lebih terampil dan lebih mampu melaksanakan tugas sebagai guru PAUD yang ada di daerah ini," katanya.(jrd)

 

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015