Medan, 16/3 (Antara) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Perindo Sumatera Utara melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon pimpinan partai untuk 33 kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) tersebut dilaksanakan di kantor DPW Partai Perindo Sumut di Jalan Abdullah Lubis, Medan, Senin.

Uji kelayakan dan kepatutan itu dilakukan tim independen yang terdiri dari mantan Penjabat Wali Kota Medan Afifuddin Lubis yang juga Ketua Nahdlatul Ulama Sumut dan mantan Ketua KPU Kota Tebing Tinggi Hatta Rido yang juga Dosen Univeritas Sumatera Utara (USU).

Kemudian, Manager Sindo Radio Medan Iskandar, Kepala Biro TV One di Medan Linova, dan Sekretaris Partai Perindo Sumut Binsar Simatupang.

Pada Senin tersebut, Partai Perindo melakukan uji kelayakan terhadap calon ketua untuk sembilan kabupaten/kota yakni Kota Medan (Dianto, Adi Munasip, Firsal Ferial Mutyara, Chandra Rudi, dan Aminuddin Yudi Lubis, Binjai (Bagoes Sumarno dan Sukiwi Tjong), serta Tebing Tinggi (Bun Lak dan Muhammad Erwin Harahap).

Kemudian, Kabupaten Deliserdang (Timbangen Ginting), Serdang Bedagai (Andrey Alim dan Sutikno), Pakpak Bharat (Makner Banurea), Langkat (Radian Alfin, Sejarahta Sembiring, Harlem Hutagaol, dan Mas'ud), Karo (Joy Harlim Sinuhaji dan Julia Maharani Bukit), serta Dairi (Arian Jaya Barus, Impol Siregar, dan Rudi Anto Simorangkir).

Pada Selasa (17/3), uji kelayakan dan dilaksanakan untuk calon ketua di Kota Padang Sidimpuan (Miswar Nasution), Sibolga (Mikel Fuater), Kabupaten Tapanuli Utara (Raja Hutagalung, Saut Matondang, dan Juni Tombang Marbun), serta Humbang Hasundutan (Jongar Purba, Jarunjung Banjarnahor, Guntur Sariaman, Lamasi SM Simamora, dan Marganda Pasaribu), Samosir (Suangro Sitanggang, Rakhman Naibaha, dan Wanto Marbun),
Setelah itu, Kabupaten Mandailing Natal (Aswin Lubis), Tapanuli Selatan (M Fahmi Kurniawan Nasution dan Hambali Nasution), , Padang Lawas (Ali Amri, dan Syafruddin Hamzah), Ahmad Ali Ridwan Daulay), serta Padang Lawas Utara (Parlindungan Harahap dan Jarkasi).

Sedangkan uji kelayakan untuk calon ketua di kabupaten/kota lainnya akan dilaksanakan pada 20-21 Maret 2015.

Salah satu calon ketua Partai Perindo Kota Medan Dianto yang baru selesai mengikuti uji kelayakan dan kepatutan mengatakan, tim penguji mempertanyakan tentang program yang akan disiapkan jika terpilih.

Disebabkan menjadi parpol baru yang belum diverifikasi KPU, ia menawarkan sejumlah program awal untuk meloloskan Partai Perindo sebagai peserta Pemilu tahun 2019.

"Saya ingin meloloskan Partai Perindo dulu. Saya tidak mau muluk-muluk dulu," katanya. ***2***Budi Suyanto
(T.I023/B/B. Suyanto/B. Suyanto)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015