Medan, 12/3 (antarasumut)- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan bekerjasama dengan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan menjalin kerjasama pembinaan mental guna menguatkan spiritual prajurit.

"Pembinaan spiritual di jajaran Lantamal I Belawan ini juga dimaksudkan agar para personil di jajaran Lantamal I Belawan mampu menjalankan tugas dengan baik dan penuh semangat pengabdian dan nilai-nilai spiritualitas," kata Drs H Amhar Nasution MA mewakili Pengurus MUI Medan dalam pertemuan dengan Komandan Lantamal I Belawan Laksamana Pertama (Laksma) TNI Pulung Prambudi, Rabu (11/3).

Kegiatan pembinaan mental yang dilaksanakan MUI Medan di jajaran personil Lantamal I Belawan ditandai dengan menggelar majelis taklim. Kegiatan pengajian tersebut nantinya akan menjadi agenda rutin yang diharapkan mampu membangkitkan semangat keikhlasan jajaran personil dalam menjalankan tugas.

"Melalui pengajian yang digelar berkala diharapkan akan menumbuhkan nilai-nilai spiritualitas di lingkungan personil di Lantamal I Belawan sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik," tegasnya.

Wilayah tugas jajaran Lantamal I Belawan mencakup empat provinsi yakni Sumatera Utara, Aceh, Kepulauan Riau dan Provinsi Sumatera Barat. Jumlah personil TNI AL yang tersebar di wilayah jajaran Lantamal I Belawan sebanyak 1.500 orang.

"Wilayah tugas jajaran Lantamal I Belawan begitu luas, sementara jumlah personil sangat terbatas maka setiap personil dituntut untuk menjalankan tugas secara maksimal. Maka setiap personil perlu memiliki nilai-nilai spritual sebagai pencerahan," katanya.

Dijelaskan dia, dengan nilai-nilai spritual yang kuat di jajaran personil Lantamal I Belawan, maka akan mencegah terjadinya tindakan yang menyimpang dan melanggar hukum.

Dalam kesempatan itu, Amhar Nasution juga memberikan apresiasi terhadap program pembinaan mental spritual yang digagas Danlantamal I Belawan bekerjasama dengan MUI Medan. Program pembinaan mental spritual itu strategis dalam mendukung sukses tugas yang diemban jajaran Lantamal I Belawan.

Sementara itu Danlantamal I Belawan, Laksma) TNI Pulung Prambudi menegaskan, melalui pengajian rutin yang digelar maka akan menumbuhkan nilai-nilai spritual sekaligus pencerahan.

"Prajurit TNI AL perlu penguatan nilai-nilai spritual dan pencerahan dalam menjalankan tugas yang diemban," katanya.

Selain program pembinaan mental spiritaul bekerjasama dengan MUI Medan, Lantamal I Belawan juga aktif menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dalam rangka pembinaan masyarakat pesisir dan pulau terdepan. Perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama dengan Lantamal I Belawan diantaranya Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

"Kerjasama dengan UMSU misalnya menggelar kegiatan bakti sosial di Desa pesisir Jaring Halus Langkat dan ke depan akan kembali dilaksanakan operasi katarak juga dengan Universitas Muhammadiyah Sumut," katanya.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015