Balige, Sumut, 8/3 (antarasumut) - Pemkab Toba Samosir (Tobasa) Sumatera Utara menggelar lomba karya tulis jurnalistik seputar kemajuan pembangunan daerah dalam rangka peringatan hari jadi ke-16 kabupaten yang terletak di pinggir danau Toba tersebut.

"Lomba karya tulis jurnalistik ini diselenggarakan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya insan pers," ujar Kabag Humas Pemkab Tobasa, Alberth Sidabutar di Balige, Minggu.

Tema yang diangkat dalam lomba karya tulis ini, kata dia, bersama membangun Tobasa dengan prinsip "Tampakna Do Rantosna Rim ni Tahi Do Gogona" (arti harfiahnya dalam bahasa Indonesia, bersatu kita teguh bercerai kita runtuh).

Juru bicara Pemkab Tobasa ini menjelaskan, seluruh wartawan di lingkungan Toba Samosir yang terdaftar pada bagian Humasy Pemkab Tobasa berhak menjadi peserta untuk mengikuti lomba.

Para peserta wajib melampirkan fotokopi kartu pers yang dikeluarkan pimpinan media massa serta nomor telepon. Pemenang utama akan mendapatkan piagam, piala dan uang pembinaan.

Diterangkannya, kriteria atau persyaratan karya tulis yang boleh mengikuti lomba, yakni jika terbit di media cetak dengan panjang minimal 1.000 karakter dan untuk media online panjang tulisan minimal 2.000 karakter.
Karya tulis harus terbit atau di"upload" pada rentang waktu 5-14 Maret 2015 dan setiap peserta mengirimkan naskah dalam bentuk fisik (hardcopy) serta dimuat atau dipublikasikan di media cetak atau "online" tempat wartawan bersangkutan bekerja.

Setiap tulisan, lanjut Alberth, harus memperhatikan kualitas berita dari tinjauan peristiwa (5W+1H), edukasi dan sentuhan budaya daerah.
Tim juri dalam lomba ditetapkan sebanyak lima orang, masing-masing memiliki kompetensi sebagaimana persyaratan maupun kriteria yang ditentukan. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan final.

Ia menambahkan, pengumuman pemenang lomba karya tulis jurnalistik akan dilaksanakan pada Jumat (20/3) di Kantor Bupati Tobasa.
"Untuk mendukung kegiatan ini, panitia menyediakan fasilitas berupa stand media center pada pameran pembangunan di Lapangan Sisingamangaraja XII serta menyiapkan beberapa hotspot free area pada sejumlah titik," kata Alberth menjelaskan.

Kabupaten Tobasa, merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Daerah Tingkat II Tapanuli Utara sesuai Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1998 tentang Pembentukan Kabupaten DATI II Toba Samosir di Daerah Tingkat I Sumatera Utara.

Kabupaten Toba Samosir diresmikan pada tanggal 9 Maret 1999 bertempat di Kantor Gubernur Sumatera Utara oleh Menteri Dalam Negeri Syarwan Hamid atas nama Presiden Republik Indonesia. ***4***
(KR-HIN)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015