Doloksanggul, Sumut 18/2 (Antara) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama personil Polres setempat menggelar upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) sembari melaksanakan pemusnahan knalpot blong kendaraan roda dua, sebagai upaya peningkatan kesadaran tertib berlalulintas di wilayah tersebut.

“Melalui upacara Hari Kesadaran Nasional kali ini, saya ingin mengajak serta mencanangkan tahun 2015 sebagai tahun penegakan disiplin pegawai dilingkungan pemerintah dan jajaran kepolisian guna memantapkan kualitas pengabdian diri terhadap bangsa dan negara. Serta sebagai upaya untuk terus meningkatkan capaian kinerja yang telah diraih. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan peningkatan disiplin kinerja di kantor dan tertib berlalulintas dalam perjalanan ke kantor maupun pada perjalanan ke rumah masing-masing,” tegas Kapolres Humbahas, AKBP Rustam Mansur selaku Inspektur Upacara HKN untuk bulan Februari 2015 di Kompleks Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul, semalam, Selasa.

Selain melakukan pemusnahan atas keberadaan knalpot blong, yang penggunaannya jelas melanggar aturan berlalulintas tersebut, mantan Kasubdit Paminal Bidpropam Polda Jawa Barat itu menambahkan jika seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun personil Kepolisian di lingkungan Pemkab Humbahas juga harus menjauhkan diri dari penggunaan narkoba, perjudian, serta penyakit masyarakat lainnya.

“Jika anda sudah masuk perangkap narkoba, Saya tegaskan bahwa tidak ada kata tungggu dulu dalam pemberantasan narkoba dan perjudian. Karena keterlibatan dalam tindak pidana tersebut akan mendapatkan ganjaran setimpal. Dimana, sipengguna dan sipelaku akan langsung diberhentikan dengan tidak hormat,” terang Rustam.

Bupati Humbahas Maddin Sihombing, secara terpisah juga menyatakan jika dalam agenda HKN kali ini, Pemkab serta jajaran Kepolisian di wilayah tersebut telah sepakat untuk menyatakan perang terhadap narkoba, perjudian melalui wujud pembentukan pemberangkatan Babinkamtibmas ke setiap desa se-Humbahas.

“Kita sudah sepakat untuk itu, kehadiran Kapolres Rustam sebagai Inspektur Upacara HKN ini juga sebagai salah satu wujud peningkatan kerjasama antara Pemerintah dan Jajaran Kepolisian untuk menekankan ketaatan dan kepatuhan semua unsur masyarakat atas Hukum,” sebutnya.

Menurutnya, kerjasama sama tersebut dapat diaplikasikan untuk seluruh masyarakat. Sehingga, dengan sasaran penekanan ketaatan dan kepatuhan atas hukum, alhasil seluruh masyarakat terhindar dari bahaya narkoba, perjudian, serta perbuatan amoral yang bertentangan dengan agama dan keyakinan.

“Untuk lebih menekankan upaya pemberantasan narkoba di lingkungan Pemkab, kedepan akan ada pemeriksaan tes urine untuk semua PNS sebagai bukti keseriusan kerjasama Pemerintah dengan Jajaran Kepolisian. Makanya, hindarkan diri anda sedini mungkin dari bahaya penggunaan narkoba, serta perjudian. Bekerjalah sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku dan tetap tertib administrasi,” tukasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015