Batubara,20/11 (Antarasumut) - TP PKK Kabupaten Batubara menggelar lomba pidato antar TP PKK. ??Lomba pidato antar PKK kecamatan dan desa dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 42 Tahun 2014 yang digelar di Lima Puluh, kamis (20/11) itu diikuti sebanyak 100 peserta, terdiri dari 50 pengurus TP PKK Kecamatan dan 50  pengurus TP PKK desa se Batubara.

Menurut Ketua TP PKK Batubara Hj Ny Khadijah Arya SE, peserta harus bersungguh-sungguh dan serius dalam mengikuti lomba pidato yang digelar TP PKK.

Ini karena pemenang lomba pidato antar anggota PT PKK  itu nantinya akan mewakili daerah pada even yang sama ditingkat provinsi Oleh sebab itu, pemenang harus merupakan peserta yang memang layak mewakili Batubara.

"Kami berharap  demikian. Artinya pemenang yang nantinya akan mewakili Batubara haruslah peserta yang memang layak, peserta yang memang benar-benar pantas mewakili Batubara di level provinsi", katanya.

Untuk itu Khadijah meminta kepada pemenang yang mewakili Batubara itu agar dapat mengasah kemampuannya secara maksimal, baik menyangkut penguasaan materi yang disampaikan, kesiapan mental, juga hal-hal teknis penting lainnya yang menjadi dasar penilaian para juri.

"Apalagi pada even tingkat provinsi itu persaingan jelas akan semakin ketat karena peserta merupakan perwakilan kabupaten/kota se- Sumatera Utara", pesannya..

Salah satu juri, Drs Mukhtar mengatakan, dalam lomba pidato, hal teknis yang harus diperhatikan peserta meliputi ketentuan penggunaan intonasi, artikulasi, aksentuasi, volume dan suara, serta penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Hal lain yang patut dan harus jadi pedoman peserta lomba pidato adalah bagaimana mengatur irama dalam berbicara, artinya peserta harus paham benar titik koma, sehingga bisa mengatur jeda masing-masing kalimat.

"Ini agar dalam berpidato peserta tidak terkesan terburu-buru atau terlalu cepat dalam menyampaikan pidatonya, atau sebaliknya terlalu lambat hingga terkesan menjemukan bagi yang mendengarkan", urainya.

Selain itu imbuhnya, dalam berpidato peserta harus pula mampu mengekspresikan setiap ucapannya dengan tepat, mengolah mimik wajah agar mengesankan audiens, mengatur sikap atau posisi badan serta gerak tubuh agar tak terkesan monoton.

Sementara itu, dalam rangka memperingati HKG PKK ke 40 itu, selain menggelar lomba pidato, TP PKK Batubara juga menggelar lomba mars PKK dan mars Batubara, lomba jajanan sehat untuk anak sekolah dan lomba baca Al Qur'an untuk lansia. (Ahmad Suhaimi).

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014