Langkat, Sumut, 16/12 (Antara) - Sebanyak 13 sekolah di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meraih penghargaan Adiwiyata Nasional Tahun 2014, berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

"Ada 13 sekolah di daerah ini yang meraih Adiwiyata Nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Langkat Haji Sujarno di Stabat, Selasa.

Sekolah yang menerima penghargaa tersebut dari usulan 18 sekolah yang dinilai baru-baru ini, dan 13 sekolah meraih penghargaan bergengsi dalam bidang lingkungan hidup di sekolah berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 183 Tahun 2014, katanya.

Keberhasilan meraih penghargaan Adiwiyata Nasional karena peran sekolah dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkunga hidup guna menunjang pembangunan yang berkelanjutan.

"Ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kepada sekolah yang dinilai berjasa dalam menjaga dan melestarikan fungsi lingkungan hidup," sambungnya.

Adapun sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional tersebut adalah SDN 050660 Kwala Bingei Stabat, SDN 050661 Kwala Bingei Stabat, SDN 058112 Pujidadi Batang Serangan, SDN 054871 Kwala Begumit Kecamatan Binjai.

Selain itu penghargaan Adiwiyata Nasional ini juga diterima SDN 058250 Desa Perdamaian Kecamatan Binjai, SDN 054942 Tegal Rejo Kecamatan Gebang, SDN 054945 Desa Dogang Kecamatan Gebang.

Kemudian MTs Negeri Stabat, SMP Negeri 2 Kecamatan Hinai, SMP Negeri 2 Kecamatan Tanjungpura, SMP Dharma Patra Pangkalan Brandan, MI Negeri Bukit Jengkol Pangkalan Susu dan Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjungpura, katanya.

Sujarno juga mengungkapkan bahwa upaya pelestarian lingkungan hidup di setiap sekolah merupakan instruksi dari Bupati Kabupaten Langkat Ngogesa Sitepu, yang selama ini begitu antusias mendorong Dinas Pendidikan dan Pengajaran untuk memotivasi kepala sekolah peduli dengan lingkungan.

"Penghargaan Adiwiyata Nasional kali ini merupakan yang terbanyak diraih sekolah yang ada di daerah ini dibandingkan dengan sekolah lainnya yang ada di Sumatera Utara," ungkapnya.

Selain Kabupaten Langkat, ada juga daerah lainnya yang meraih Adiwiyata Nasional ini seperti Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Labuhan Batu Utara, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar, dan Kota Tanjung Balai. ***3***

(T.KR-IFZ/B/R. Malaha/R. Malaha)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014