Samosir, 5/12 (antarasumut)- Pemerintah Kabupaten Samosir   mnggelar peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional ke -7 yang dilaksanakan di Kompleks SMA Negeri 1 Pangururan, Jumat, .

Turut hadir Wakil Bupati Samosir, Unsur Muspida, Asisten II, pimpinan SKPD, para Camat, Tokoh Masyarakat, Guru dan siswa/i  SMA Negeri I Pangururan.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutana RI Siti Nurbaya dalam pidato tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM mengatakan pada tanggal 28 Nopember 2014 telah diselenggarakan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN)  yang ke-7 di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk lebih membangkitkan semangat motivasi dan membudayakan seluruh masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon dalam rangka membangun ekosistem hutan.

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional mengambil tema “ Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”. Tema ini dimaksud untuk mendorong masyarakat untuk ikut membangun ekosistem hutan yang akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik.

Lebih Lanjut Menteri mengatakan bahwa keberadaan hutan di Indonesia dilindungi oleh UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

Usai membacakan Pidato Menteri, Wakil Bupati Samosir menambahkan bahwa kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional merupakan suatu kegiatan yang sangat bernilai dan sangat berharga sehingga kita bisa memberi nilai terbaik untuk Kabupaten Samosir adalah dengan menanam pohon, untuk itu wakil Bupati menghimbau kepada seluruh Pimpinan SKPD dan Kantor-kantor agar segera mungkin melakukan penanaman pohon di sekitar kantornya dan juga mengharapkan agar penaman pohon dilakukan di seluruh  sekolah –sekolah yang ada di Kabupaten Samosir.

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Menanam Pohon Nasional juga ditandai dengan pemberian secara simbolis bibit pohon kepada seluruh Camat dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Panguran dan selanjutnya Wakil Bupati bersama Unsur Muspida dan SKPD serta siswa/i SMA Negeri 1 Pangururan melakukan penanaman pohon di sekitar komplek SMA Negeri 1 Pangururan.( Humas/Baho)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014