Seirampah, Sumut, 12/11 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara menggandeng USAID Prioritas dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar di daerah itu.

Bupati Sergai Soekirman di Seirampah, Rabu, mengatakan pihaknya memberi apresiasi dan mendukung program USAID Prioritas yang merupakan kerja sama dengan kabupaten DAN kota untuk pemanfaatan data dan informasi untuk perencanaan, penganggaran dan pengembangan kebijakan.

Kemudian meningkatkan hubungan antar sekolah, di kabupaten dan kota dan provinsi, Lembaga Pendidik Tenaga Keguruan (LPTK) dan pemerintah pusat serta meningkatkan peran masyarakat dalam mengelola pendidikan.

"Kami sangat menyambut positif program USAID Prioritas karena terbukti mampu meningkatkan mutu pendidikan. Kami berharap program ini dapat terus berlanjut, sehingga kedepan akan muncul lulusan yang berkualitas," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya mengimbau para kepala sekolah, guru dan fasilitator daerah yang terpilih untuk mempersiapkan segalanya dengan baik, agar program ini mendapatkan hasil yang lebih baik lagi ketika diterapkan di daerah itu.

"Tentunya jika ingin program ini berhasil, kita semua harus mendukungnya terutama para guru," katanya.

Sebelumnya Koordinator USAID Prioritas Sumatera Utara Agus Marwan mengatakan program USAID Prioritas merupakan bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia.

Program ini bekerjasama dengan mitra di tingkat nasional dan lokal untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran, meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan serta meningkatkan dukungan koordinasi di dalam dan antar sekolah di semua jenjang.

Program yang dimulai sejak tahun 2012 dan dikembangkan berdasarkan program DBE (Decentralized Basic Education) ini bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas.

"Kabupaten Serdang Bedagai adalah salah satu kabupaten di Sumatera Utara yang mendapat kepercayaan untuk bekerja sama dengan USAID selama 5 tahun ke depan," katanya.***3***

(T.KR-JRD/C/S. Muryono/S. Muryono)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014