Samosir, 2/9 (antarasumut)- Bupati   Ir. Mangindar Simbolon didampingi Wakil Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon , Pelaksana Pimpinan PT.Bank Sumut Ari Krismala dan Ketua Panitia Drs. Penas Sitanggang menyerahkan bantuan  corporate social resposibility (CSR) PT. Bank Sumut  kepada masyarakat Samosir.

Penyerahan bantuan CSR tahun buku 2012 dilakukan  secara simbolis kepada masyarakat di Halaman Kantor Bupati Samosir.

Ketua Panitia CSR Drs.Penas Sitanggang mengatakan bantuan yang disalurkan   bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang dikelola pengrajin, kelompok tani sekaligus pelestarian bawang merah. Selain itu bertujuan untuk mendukung Samosir Visit Years , menjaga kebersihan objek wisata, sekolah dan kantor camat, serta mendorong pengrajin tenun dapat beraktivitas dengan polamandiri.

CSR PT. Bank Sumut Tahun buku 2012 sebesar Rp. 332, 939,869 dipergunakan untuk pengadaan tong sampah sebanyak 730 buah didistribusikan untuk objek wisata, kantor camat dan sekolah se-kab. Samosir. Alat permainan edukatif bagian ruangan 27 unit kepada PAUD dan TK,  benang untuk pengrajin tenun dengan jenis sutra (40 kg), katun (64 kg), viscose (35 lusin) kepada 10 pengrajin tenun. Bibit bawang merah 1200 kg kepada 21 kelompok tani yg diusulkan dinas pertanian dan ketapang. Sebagian dari bantuan tersebut telah diserahkan saat HUT RI ke-69 di Tanah Lapang Pangururan.

Pimpinan PT. Bank Sumut melalui pelaksana pemimpin cabang Bank Sumut Pangururan Ari Krismala menyampaikan penyaluran CSR sebagai wujud rasa tanggung jawab PT. Bank Sumut, eksistensi atas peranan masyarakat dan Pemkab. Samosir terhadap Bank Sumut. Bank Sumut merupakan milik pemerintah dan masyarakat terbukti melalui pemilikan saham. Tanpa masyarakat dan pemkab Bank Sumut tidak bisa eksis, tambah Ari.

Hal yang sama dikatakan Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon, untuk kemajuan Bank Sumut harus bersama-sama antara masyarakat, pemerintah dan tentunya pihak PT. Bank Sumut.  Bank Sumut perlu didukung semakin maju karena merupakan milik bersama, milik masyarakat, yang dikelola pemerintah melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) berarti hak masyarakat juga. Kalau Bank Sumut berkembang masyarakat juga bisa maju, itulah untungnya bank milik pemerintah yang selalu memberikan perhatian kepada masyarakat tambah Mangindar.

Lebih lanjut dikatakanya, Pemerintah Kabupaten Samosir merupakan salah satu pemegang saham, untung yang didapat sebagian dalam kas daerah, dan sebagian untuk masyarakat yang disalurkan berupa CSR.

Menurut Bupati CSR lebih fokus dan bertahap kepada masyarakat. Bantuan ini untuk mendukung perekonomian masyarakat. Khusus kelompok Tani bawang merah Bupati menekankan agar mengelola dengan baik, karena bawang merah memiliki sejarah bagi masyarakat Samosir dimana dulunya Samosir merupakan penghasil bawang merah. Untuk itulah bawang merah harus dikembangkan kembali.

Mangindar Simbolon berharap Bank Sumut semakin meningkatkan bantuan kedepan. Pelayanan PT. Bank Sumut terhadap masyarakat ditingkatkan sehingga masyarakat akan merasa semakin dekat. Selain itu hendaknya ada prioritas Bank Sumut kepada daerah yang lebih membutuhkan tidak perlu proporsional, keberpihakan kepada daerah yang lebih membutuhkan seperti halnya Kabupaten Samosir sebagai tujuan wisata kata Mangindar.

Bupati menyarankan Bank Sumut, terus meningkatkan kinerja, pelayanan dan berkomunikasi lebih bagus sehingga kebutuhan masyarakat terlayani dengan baik, kebersamaan telihat dari pelayanan. (Humas/Nrow)

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014