“Nanti akan ada standar mutu yang harus dipenuhi supaya hasil kerajinan yang ada digaleri tidak dinilai rendah oleh masyarakat sekitar ataupun pendatang,” ujar Ketua Dekranasda Sumut yang juga merupakan isteri dari Gubernur Sumut, baru-baru ini di Medan.

Dengan adanya standar mutu tersebut diharapkan memacu semangat para pengrajin daerah untuk bisa bersaing dengan produk di luar dari Sumut.

Dalam hal ini Dekarnasda juga akan sering memberikan pelatihan-pelatihan serta pembinaan kepada para pelaku usaha kerajinan agar bangkit dan terus melakukan inovasi. Dengan demikian produk Sumut mampu dikenal dan dibanggakan oleh masyarakat Sumut.

Sementara itu, Rita Maharani, ketua Dekranasda Medan yang juga isteri dari Walikota Medan mengatakan kantor Dekarnasda yang terletak di Jalan Listrik akan dijadikan tempat penjualan souvenir hasil pengrajin Sumut.

“Saat ini lantai 1 kantor Dekranasda sedang direnovasi dan akan dijadikan tempat penjualan souvenir yang bisa dijadikan buahtangan bagi para pendatang . Jadi para pendatang tidak hanya membawa makanan khas Medan, tetapi juga bisa membawa hasil kerajinan Sumut sebagai oleh-oleh,” tuturnya

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014