Oleh Juraidi

    Medan, 19/8 (Antara) -  USAID Prioritas (Prioritizing Reform Innovation and Opportunities for Reaching Indonesia's Teachers, Administrators and Students) menambah tiga daerah mitra di Sumatera utara dalam upaya semakin memperluas kerjasama bidang pendidikan.

         Juru Bicara USAID Prioritas Sumatera Utara Erix Hutasoit di medan Selasa mengatana pihaknya menambah tiga kabupaten sebagai mitra baru program di provinsi itu yakni Serdang Bedagai (Sergai), Labuhan Batu Utara (Labura) dan Humbang Hasundutan (Humbahas).

         "Kami akan bekerja di 15 kabupaten/kota di Sumut. Ketiga kabupaten baru ini melengkapi 12 kabupaten/kota yang sudah terlebih dahulu menjadi mitra kami," katanya.

         Ia mengatakan  penambahan mitra baru tersebut sebagai keseriusan komitmen USAID Prioritas untuk memperluas jangkauan layanan pendidikan dasar bermutu di Sumatera Utara.

         Semakin banyak kabupaten/kota yang mendapat manfaat program ini, maka akan semakin baik mutu pendidikan.

         " Sampai tahun 2017 kami bersama Gubernur Sumatera Utara, bupati dan walikota mitra punya komitmen untuk bekerjasama meningkatkan mutu pendidikan dasar di provinsi ini," katanya.

         Sementara Koordinator Provinsi USAID Prioritas Sumut Agus Marwan mengatakan, ketiga mitra baru tersebut dipilih karena punya keseriusan memperbaiki mutu pendidikan.

         Keseriusan itu dinyatakan melalui kesediaan mempercepat perluasan jangkauan program kebanyak sekolah di kabupaten masing-masing.

         "Selain anggaran yang disediakan oleh USAID PRIORITAS, mitra baru kami ini juga mengalokasikan APBD untuk mendukung implementasi program," katanya.

         Lebih lanjut Agus Marwan mengatakan, pihaknya akan mengembangkan 24 sekolah mitra yang terdiri dari 16 SD/MI dan 8 SMP/MTs di setiap kabupaten.

         Selain itu, juga memberikan dukungan teknis untuk mengimplementasikan Program Penataan dan Pemerataan Guru (PPG) dan perencanaan pendidikan yang baik dan diperkirakan sekitar 11.000 siswa akan menerima langsung manfaat program ini.

         Program USAID Prioritas adalah program lima tahun yang didanai oleh United States Agency for International Development  (USAID) yang didesain untuk membawa pendidikan berkelas dunia kepada banyak siswa di Indonesia.  
    Di Sumatera Utara program ini telah bekerja di 12 kabupaten/kota yakni Medan, Langkat, Binjai, Deli Serdang, Tebing Tinggi, Tanjungbalai, Labuhan Batu, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Tapanuli Selatan, Sibolga dan Nias Selatan.

         Program ini berhasil meningkatkan mutu 929 sekolah dasar, sekolah menegah pertama dan madrasah serta memberikan manfaat langsung kepada lebih dari 160.000 siswa.***3***

(T.KR-JRD/B/M. Taufik/M. Taufik) 19-08-2014 16:09:06

Pewarta:   Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014