Deliserdang, Sumut, 22/7 (Antara) - Kegiatan Dekranasda Fair yang digelar Dekranasda Deliserdang, Sumatera Utara dinilai sangat positif karena memunculkan beragam produk yang dapat dijadikan produk unggulan daerah Kabupaten Deliserdang.

"Banyak produk yang bisa jadi unggulan muncul di pameran ini seperti tenun sutra khas Deliserdang Batik Gorga berbagai motif khas Sumatera Utara," kata Ketua Dekranasda Deliserdang Yunita Ashari Tambunan saat menutup Dekranas Fair, di Lubukpakam, Selasa.

Ia mengatakan Dekranasda Fair yang digelar dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1435 Hijriah merupakan momentum yang perlu terus dikembangkan melalui kebersamaan, khususnya dalam peningkatan kualitas produk maupun legalitas usaha para pengrajin.

"Selama 11 hari kita memasarkan berbagai hasil kerajinan industri produk unggulan, souvenir maupun makanan khas Deliserdang ternyata mendapat sambutan masyarakat meskipun belum maksimal sebagaimana yang diharapkan," katanya.

Karenanya Dekranasda Fair yang baru pertama kali digelar ini akan dijadikan evaluasi maupun pemicu semangat agar kedepan penyelenggaraannya dapat lebih baik lagi, karena Kabupaten Deliserdang yang memilki 22 kecamatan, tentunya masing-masing memiliki potensi alam yang berbagai ragam.

"Potensi tersebut jika dikelola dan dimanfaatkan dengan teknologi industri yang tepat akan memunculkan produk-produk unggulan yang pada gilirannya jika disenangi pasar tentunya akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sementara Bupati Deliserdang Ashari Tambunan mengatakan apa yang telah dilakukan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) tersebut, tentunya sangat mendukung pembangunan di sektor industri yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Untuk mewujudkan hal itu diharapkan adanya peran serta yang serius dari seluruh SKPD sesuai dengan tupoksinya masing-masing untuk meningkatkan kualitas produksi para pengrajin, demikian juga peningkatan legalitas usaha mereka sehingga produk unggulan di daerah ini dapat dipasarkan secara luas," katanya.***2***

 
(T.KR-JRD/C/Suparmono/Suparmono)

Pewarta: Juraidi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014