Balige, Sumut, 30/6 (Antara) - Komunitas masyarakat Batak di Colorado, Amerika Serikat atau Batak Community Colorado (BCC) menabur ribuan bibit ikan mas ke perairan danau Toba, Sumatera Utara sebagai upaya menjaga dan melestarikan ekosistem danau terbesar di Asia Tenggara tersebut.
     "Penaburan ribuan benih ikan itu, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, agar populasi ikan di perairan danau Toba senantiasa terpelihara," ujar Ketua BCC, Murny Panjaitan di Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, Senin.
BCC, kata dia, merupakan kumpulan masyarakat Batak asal Indonesia yang bermukim di Colorado.
Komunitas ini bertujuan pempererat tali persaudaran antar sesama masyarakat Batak serta melakukan berbagai pelestarian lingkungan dan sosial budaya adat sebagai pencerahan bagi generasi muda Batak di negeri paman Sam tersebut.
Murny menjelaskan, ribuan benih ikan yang ditabur, sekaligus sebagai ajakan untuk memotivasi masyarakat beserta pemerintah daerah setempat agar memberi perhatian dan mau menabur benih ikan ke danau Toba, sebagai investasi berharga bagi generasi muda.
Ia menghimbau agar masyarakat setempat menjaga dan merawat benih-benih ikan yang ditabur itu, karena penyebaran benih yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan dan melestarikan sumber hayati perikanan.
"Benih ikan yang ditabur ke danau Toba itu jangan dijaring, karena ukurannya masih terlalu kecil.  Jika sudah berkembang nanti bisa dinikmati bersama," katanya.
Murni mengaku merasa sangat miris dengan kondisi danau Toba saat ini, terutama mengenai kebersihan lingkungannya yang tidak terpelihara.
Di samping itu, menurutnya, terlalu banyak perusahaan besar yang mengeksploitasi danau tersebut dengan cara-cara kurang bijak tanpa memperdulikan aturan atau norma yang berlaku, hingga keseimbangan ekosistemnya tidak terjaga.
"Upaya kongkrit perlu dirumuskan untuk menyelamatkan Danau Toba dari berbagai tindakan pencemaran lingkungan," kata Murny.
Di dampingi sejumlah pengurus BBC, bantuan ribuan benih ikan tersebut diserahkan kepada kelompok kerja pariwisata lokal "IAS Tobasa" untuk selanjutnya ditaburkan ke beberapa lokasi perairan danau Toba, seperti pantai Lumbanbulbul, Lumban Siintong dan Tarabunga.
Saat menerima bantuan benih ikan, Divisi humas "IAS Tobasa", Y.Napitupulu menyampaikan apresiasi atas upaya BCC mendukung pelestarian lingkungan lewat bantuan benih ikan yang diberikan.
"Aksi tabur benih ikan yang dilakukan komunitas masyarakat Batak di Colorado itu merupakan bentuk simpatik dalam mendukung pelestarian lingkungan, sehingga perlu diapresiasi," kata Y.Napitupulu. (IN)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014