Labuhan Batu, 17/6 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Labuhan Batu memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2014 dengan tema "Satukan Langkah, Lindungi Ekosistem Pesisir dari Dampak Perubahan Iklim", di halaman SMA Negeri 2 Kecamatan Rantau Selatan, Selasa.

Wakil Bupati Pemkab Labuhanbatu Suhari Pane dalam sambutannya mengatakan, pasca kepemimpinan Bupati Labuhan Batu H Tigor Panusunan Siregar, daerah itu banyak meraih prestasi di bidang lingkungan hidup.

"Salah satu penghargaan tersebut, yakni Status Lingkungan Hidup Daerah dari Menteri Lingkungan Hidup," ujarnya.

Suhari mengingatkan agar perhatian terhadap kerusakan serta dampak perubahan iklim terhadap ekosistem pesisir menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.

Kesamaan pandangan dan langkah antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu lebih ditingkatkan, demikian halnya dengan keterlibatan masyarakat dan dunia swasta.

"Kerusakan dan pencemaran lingkungan hidup serta pengelolaan SDA yang berkelanjutan dapat mengganggu ketahanan lingkungan hidup yang pada akhirnya akan mengancam perikehidupan masyarakat," katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa ketahanan lingkungan hidup adalah kunci menjaga jasa ekosistem dan menghindari dari bencana lingkungan, khususnya dampak perubahan iklim.

Sementara, Kepala Badan Lingkungan Hidup Pemkab Labuhan Batu, H Muhammad Kahfi melaporkan, pihaknya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan tahun 2014 telah menggelar berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut, antara lain gotong royong/Jumat Bersih dan penanaman pohon di sejumlah lokasi. (KR-JKG)

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014