Oleh Joko Gunawan

Rantauprapat, 24/4 (Antara Sumut) - Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar mengajak semua elemen masyarakat untuk ikut berkontribusi mendukung program pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD).

"Peningkatan kualitas anak melalui pelayanan pendidikan anak usia dini membutuhkan upaya bersama dengan melibatkan berbagai unsur," katanya pada acara pengukuhan 117 Bunda PAUD, di
di Kecamatan Rantau Selatan, Kamis.

Menurutnya, dukungan dan tanggung jawab terhadap program pengambangan PAUD bukan hanya pada pemerintah semata, melainkan harus melibatkan semua unsur seperi lembaga pendidikan tinggi, LSM, organisasi profesi, pendidik, praktisi dan masyarakat yang berkecimpung dalam program pembinaan PAUD.

Khusus kepada Bunda PAUD, Bupati mengingatkan bahwa keberadaan Bunda PAUD bukan semata-mata sebagai simbol, tetapi dituntut memiliki peran sebagai tokoh sentral dalam mengembangkan program di wilayahnya masing-masing.

Bahkan lanjut dia keberadaan Bunda PAUD juga diharapkan mampu menjalin komunikasi dengan semua kelompok masyarakat.

"Bunda PAUD harus dapat melindungi dan mengayomi penyelenggaraan PAUD serta mengkoordinasikan berbagai program layanan anak usia dini yang sekaligus mensinergikan satu sama lainnya," ujar Tigor.

Selain itu, katanya, kehadiran Bunda PAUD harus dapat menjadi panutan dan tauladan bagi anak usia dini dan masyarakat serta membina kelangsungan program serta dapat memperhatikan pengembangan pendidikan, kesehatan, gizi, pengasuhan, perawatan hingga perlindungan anak.

"Untuk itu saya menghimbau, kepada Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Labuhanbatu, berbuatlah untuk kemajuan program PAUD dan selamat kepada para ibu-ibu atas pengukuhannya," ucap dia.

Acara pengukuhan Bunda PAUD yang dihadiri ribuan orang tersebut dirangkai dengan kegiatan tarian massal oleh ratusan anak-anak PAUD dengan judul Badinding dan senam massaldan atraksi drumband dari anak-anak PAUD Marhamah dan PAUD Kartini Rantauprapat. (JG)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014