Oleh Joko Gunawan



Rantauprapat, 22/4 (Antara Sumut) - Bupati Labuhan Batu Tigor Panusunan Siregar berharap jumlah perempuan yang berpartisipasi di politik perlu ditingkatkan agar mereka bisa berkontribusi lebih banyak untuk kemajuan daerah itu.

"Saya berharap kepada kaum perempuan agar dapat lebih berperan pada jabatan publik dan politik, sehingga ikut serta menentukan arah dan kebijakan pembangunan," katanya di Rantauprapat, Selasa.

Tigor menyampaikan harapan tersebut pada Peringatan Hari Kartini ke- 50 dan Pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI dan KB-Kesehatan tahun 2014 tingkat Kabupaten Labuhan Batu.

Saat ini, menurut dia, di Kabupaten Labuhan Batu persentase kaum perempuan bekerja lebih kurang 20 persen.

Sedangkan tenaga profesi dari kaum perempuan, seperti PNS, guru, tenaga kesehatan dan pengusaha, jumlahnya hampir relatif sama dengan kaum laki-laki.

Bupati juga mengatakan
mengatakan, semua elemen masyarakat harus merasa bangga karena negeri ini mempunyai banyak pahlawan perempuan.

Para pahlawan dari kalangan kaum perempuan itu, menurut dia, menganggap bahwa pendidikan adalah masalah mendasar yang sangat penting untuk diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan.

Sebab, katanya, melalui peningkatan pengetahuan, harkat dan martabat kaum perempuan serta semangat ingin maju dapat diwujudkan.

Tigor menambahkan, peranan kaum perempuan tidak terlepas dari dukungan keluarga dan peluang serta kesempatan.

"Kita harus mengakui bahwa betapa besarnya peran istri dan ibu bagi anak-anaknya yang harus mendidik dan mengasuh sehingga melahirkan generasi berakhlak mulia," kata Tigor.

Pada kesempatan itu, Bupati menegaskan bahwa pencanangan Bulan Bhakti Sosial IBI-KB-KES merupakan suatu gerakan yang dilaksanakan masyarakat bekerjasama dengan pemerintah yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup perempuan melalui berbagai kegiatan.

Sebelumnya Ketua IBI Kabupaten Labuhan Batu, Hj Rolbariah, menjelaskan, peringatan Hari Kartini di daerah itu turut diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya pelayanan IUD dan implant di sembilan kecamatan.

Selain itu, juga dilaksanakan pelayanan MOW dan MOP di RSUD Rantauprapat, pelayanan MOP, IUD dan Implant di kantor UPT BP2KB Kecamatan Rantau Utara, lomba desain spanduk daan senam massal. (JG)

Pewarta: Joko Gunawan

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014