Oleh Juaridi

Balige, Sumut, 21/4 (Antara) - Aparat Kepolisian resort Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, mengawal secara ketat proses rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara pemilihan umum anggota DPR, DPD dan DPRD di kabupaten tersebut, guna mengantisipasi gangguan keamanan yang tidak diinginkan.

"Polres Tobasa menurunkan 100 personil untuk pengamanan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara yang dilaksanakan di gedung SMK Negeri Soposurung pada hari ini," kata Kabag Ops. Polres Tobasa, Kompol B. Sinaga di Balige, Senin.

Selain itu, kata dia, pengamanan dibantu 10 personil TNI Koramil 17 Balige dari Kodim 0210/TU, termasuk petugas intel yang ditempatkan di sekitar gedung sekolah berjarak sekitar dua kilometer dari Balige, ibukota Kabupaten Tobasa.

Total personil yang diturunkan selama tiga hari secara berturut-turut untuk proses pengamanan penghitungan suara tersebut mencapai 297 personil dibantu petugas KPU setempat, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan.

"Situasi keamanan pada proses penghitungan hari ini kondisinya masih tetap aman terkendali," sebutnya.

Ia berharap situasi kondusif dapat terus berjalan sampai selesainya hasil penghitungan hingga pengawalan rekapitulasi perolehan suara yang akan diserahkan ke KPU Provinsi Sumatera Utara di Medan.

Menurut Sinaga hasil rekapitulasi perolehan suara itu, selambat-lambatnya sudah harus diserahkan ke tingkat KPU Provinsi Sumatera Utara, tiga hari setelah selesainya proses penghitungan.

"Direncanakan pada malam ini juga petugas akan mengawal pengiriman rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara tersebut ke Medan, jika prosesnya selesai dengan tuntas," kata Sinaga.

Ketua KPU Tobasa, Rinto Hutapea menyebutkan, sejauh ini proses penghitungan suara dimaksud berlangsung dalam situasi kondusif, meski ada beberapa Caleg maupun perwakilan pengfurus partai yang menyampaikan protes.

"Kami berharap, situasi dapat terus terjaga hingga ke proses tahapan berikutnya," kata Rinto.

***1***
(T.KR-JRD)

(T.KR-JRD/B/Z. Meirina/Z. Meirina)

Pewarta: Juaridi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014