Oleh Yan Aswika

Tanjung Balai,18/2 (Antarasumut) - Wali Kota Tanjung Balai, Thamrin Munthe merencanakan akan melakukan penyegaran pejabatnya untuk menata pemerintahan yang lebih baik.

"Saat ini sedang dilakukan evaluasi capaian program dan realisasi kegiatan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah," katanya di Tanjung Balai, Rabu.

Ia menjelaskan, evaluasi kinerja pejabat disejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) tersebut melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Tim dari Baperjakat Pemkot Tanjung Balai akan melakukan penilaian apakah seorang PNS layak dan pantas dipertahankan memangku sebuah jabatan.

"Jadi, mutasi pejabat adalah bahagian dari penyegaran," ucap dia.

Wali Kota menambahkan, wacana manajemen efektif yang sudah dihembuskan dan akan diterapkan pada tahun 2014 memang belum bisa diterapkan secara maksimal karena regulasinya belum ditemukan.

Namun berdasarkan evaluasi Baperjakat terhadap segenap SKPD selama dua tahun terakhir, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan mutasi dan promosi jabatan.

"Usul atau saran Wakil Wali Kota dan Asisten juga akan menjadi pertimbangan," ujar Thamrin Munthe, didamping Kabag Humas Setdakot Tanjung Balai, Darul Yana Siregar.

Menurut Thamrin, mutasi dan promosi jabatan itu juga dimaksudkan untuk merubah sistem kerja SKPD dari statis menjadi dinamis.

Sebab, kata dia, SKPD merupakan sub sistem pemerintahan yang diharapkan bisa bekerja secara maksimal.

Selain memiliki disiplin ilmu, calon pejabat yang akan dipromosikan juga harus bersedia membuat fakta integritas secara tertulis tentang kesunguhan capaian target program dan kegiatan yang akan diembannya.

"Dalam menjalankan pemerintahan, moto pemerintah kota adalah wajar, sesuai dan prima atau "Waspri". Oleh karena itu, mutasi kali ini semata-mata untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik," ujar dia. (Yan)

Editor: T. Nico Adrian

Pewarta: Yan Aswika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014