Oleh : Tetty Naibaho

Samosir (Antarasumut) - Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon, MM menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut kepada warga Samosir senilai Rp 347,8 juta.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Samosir, bersama Direktur Pemasaran Bank Sumut Ester Junita Ginting didampingi Pimpinan Cabang Bank Sumut Pangururan Jansen Manurung kepada penerima manfaat, Senin (10/2) di halaman SMAN 1 Pangururan.  CSR yang diserahkan berupa alat mesin pertanian bagi kelompok petani dan peralatan teknologi informasi pendukung proses belajar mengajar untuk beberapa sekolah serta peralatan olahraga..

Kepala Cabang Bank Sumut Pangururan Jansen Manurung, mengatakan pemberian CSR di sektor pendidikan bertujuan agar kualitas pendidikan di Samosir dapat meningkat yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sedangkan pemberian handtractor kepada kelompok tani bertujuan dalam peningkatan produktifitas komoditas pertanian mengingat mayoritas masyarakat Samosir sebagai petani.

Menurut Jansen Manurung, program tersebut merupakan komitmen Bank Sumut untuk memberikan kontrubusi bagi pembangunan ekonomi berkelanjutan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup komunitas setempat maupun masyarakat luas bagi terciptanya iklim usaha/investasi yang kondusif dan berkelanjutan bisnis.

Jansen menjelaskan bahwa dana CSR diambil dari penyisihan sebagian laba perusahaan yang dipergunakan untuk program-program bermanfaat dan dapat memberdayakan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan sosial, kualitas hidup insani dan lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Mode penyaluran dilakukan dengan pola kemitraan bersama Pemerintah Kabupaten atau Pemko di Sumatera Utara. Dan selama tahun 2013 Bank Sumut telah menyalurkan dana CSR sebanyak Rp 4,6 miliar.

CSR yang disalurkan untuk sektor ekonomi pertanian adalah empat unit handtractor, untuk sektor pendidikan 9 unit Laptop dan 14 unit infocus berikut standing screen dan peralatan olahraga kepada 26 SMP dan SMA se-Samosir.

Pewarta: Tetty Naibaho

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2014