Binjai, 27/11 (Antara) - Sebanyak 29 orang anggota Pramuka dari Kota Binjai mengikuti Jambore antarnegara Asia Tenggara atau ASEAN Scout IV di Thailand.

Wali kota Binjai Haji Muhamamd Idaham di Binjai, Kamis, mengatakan, keikutsertaan anggota pramuka dari daerah itu ke Jambore ASEAN hendaknya dapat dijadikan pengalaman berharga.

"Manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan ini untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan, terutama di bidang kepanduan," kata Idaham yang juga Ketua Mabicab Pramuka Kota Binjai.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh anggota kontingen untuk menjaga akhlak dan tingkah laku, sebab keikutsertaan mereka tidak hanya mewakili Kota Binjai, tetapi juga mewakili bangsa dan negara Indonesia.

ASEAN Scout Jamboree 2013 merupakan pertemuan pramuka dari seluruh negara ASEAN akan berlangsung dari 27 Nopember hingga 4 Desember 2013 di Vajiravudh National Scout Camp, Provinsi Chonburi, Thailand.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan komunitas negara-negara ASEAN, sekaligus memperkuat hubungan antara anggota pramuka di ASEAN dan Asia Pasifik, katanya.

Sementara itu, Mahadi Salim selaku pimpinan kontingen menjelaskan, kontingen pramuka Kota Binjai berasal dari perwakilan pramuka penggalang dan pramuka penegak dari beberapa kwartir ranting dan gugus depan.

"Sebelum berangkat, mereka telah diberi pembekalan lebih lanjut seputar kegiatan," ujarnya.

Selama mengikuti jambore, kontingen pramuka Binjai akan mengikui sejumlah kegiatan, antara lain ASEAN warisan alam, ASEAN turnamen, ASEAN crossroad kebudayaan, pengabdian masyarakat, ekonomi masyarakat ASEAN, hiking International night serta ASEAN food and games festival. (KR-IFZ)

Pewarta: Imam Fauzi

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013