Balige, 2/11 (Antara) - Puluhan pecinta olahraga motor atau "bikers" dari Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, ikut memeriahkan penyelenggaraan jambore nasional Motorcycle Community Indonesia (MCI) di Sei Gelam, Jambi pada 1-3 November 2013.

"15 pengendara menggunakan motor berbagai tipe dari Tobasa akan mengikuti jambore nasional yang diselenggarakan dalam dua tahun sekali tersebut," ujar Ketua Tobasa Motor Club (TMC), Zevrin Harahap di Balige, Sabtu.

Dikatakannya, "gathering" akbar tahunan yang digelar di pesisir timur pada bagian tengah Pulau Sumatera itu, diharapkan menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar komunitas pecinta olah raga bermotor, terutama dalam mematuhi etika berlalulintas.

Melalui acara dimaksud, menurutnya, kecintaan para bikers terhadap dunia otomotif dapat tersalurkan, sekaligus menunjukkan komitmen dalam menjalin persaudaraan yang kuat antarpecinta motor di seluruh tanah air.

Zevrin, yang juga Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Tobasa itu menyebutkan, dirinya merasa yakin kegiatan ini dapat menjadi momen yang sangat berarti untuk menciptakan persaudaraan dan kebersamaan bagi para pecinta olahraga otomotif.

Dia menjelaskan, sepanjang rute perjalanan, komunitas olahraga bermotor TMC Tobasa, itu akan melakukan jelajah wisata lintas Sumatra melalui jalur darat dengan menyinggahi berbagai kota, seperti Bukittinggi, Sumatra Barat.

Kegiatan dimaksud, kata dia sebagai bentuk komitmen TBC dalam partisipasinya menggalakkan dunia otomotif sekaligus mempromosikan Kabupaten Tobasa yang memiliki berbagai sumber daya alam yang sangat potensial.

Salah satunya, kata Zevrin, pengembangan industri pariwisata, dengan keunikan khas dari Danau Toba, sebagai danau vulkanik terbesar di Asia tenggara.

"Jelajah wisata menggunakan kenderaan roda dua telah menjadi kalender kegiatan olahraga otomotif tetap bagi kami untuk menggalakkan promosi industri pariwisata kawasan Danau Toba agar lebih dikenal masyarakat di luar Sumatra Utara," ujarnya.

Pada setiap wilayah yang dilintasi, menurut dia, keindahan panorama Danau Toba akan diperkenalkan, sehingga masyarakat akan semakin tertarik untuk berkunjung ke daerah yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera tersebut.

Zevrin berharap, kegiatan promosi pariwisata danau Toba itu mampu menginspirasi anggota klub lain yang datang dari seluruh wilayah Indonesia untuk menyebarkan pesan positif kepada pada teman-temannya saat kembali ke daerah masing-masing.

Zevrin menjelaskan, anggota timnya telah mempersiapkan fasilitas yang diperlukan, dan momen tersebut, akan mereka manfaatkan sebagai tour wisata olahraga otomotif dengan berkendaraan secara tertib dan santai.

Dengan demikian, kata dia, hobi darma wisata bermotor dapat tersalurkan sambil menikmati keindahan panorama alam sepanjang rute perjalanan, terutama sejumlah destinasi wisata menarik yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Menurut Zevrin, kehadiran tim jelajah wisata mengendarai motor di wilayah Tobasa, masih tergolong baru, namun komunitasnya sudah cukup banyak.

"Kami menganut manajemen 'touring' melalui penjelasan teknik-teknik berkenderaan yang aman (safety) dengan kebebasan memilih tipe sepeda motor yang digunakan," katanya. (KR-JRD)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013