Medan, 31/10 (antarasumut) - Sebagai perayaan besar etnis dari tanah Hindi, Depawali menjadi hari penuh makna bagi etnis Tamil kota Medan Sumatera Utara. Depawali berarti perayaan cahaya, untuk memperingati kemenangan kebaikan atas keburukan. Biasanya Depawali dirayakan selama lima hari berturut-turut dalam kalendar Hindu bulan "Ashwayuja". Perayaan ini merupakan salah satu festival terpopular dan paling ditunggu-tunggu di India.

Menyambut hari raya Depawali yang jatuh pada 2 November nanti, calon legislatif partai Nasdem, Prananda Surya Paloh memberikan bantuan hari raya Depawali untuk warga etnis Tamil yang bermukim di sekitar Kampung Anggrung , Medan Polonia serta kawasan Mangkubumi, Medan, kermarin (31/10).

Seratus paket bantuan diberikan secara cuma-cuma untuk meringankan beban keluarga prasejahtera dalam menyambut perayaan Depawali. Bantuan ini berupa kebutuhan pokok langsung diberikan oleh Prananda.

Sembari mengucapkan "Selamat Depawali", Prananda menyambangi satu-persatu rumah warga. Selain memberikan bantuan, Prananda juga menyempatkan diri untuk berkeliling kawasan tersebut dan bercengkrama dengan warga.

Seperti biasanya, Prananda selalu memangfaatkan momen bersama warga untuk mendengarkan aspirasi maupun pandangan warga. Berbagai topik hangat soal kemasyarakatan selalu menjadi pembahasan antara Prananda dengan warga.

Prananda juga menyoroti hari Depawali yang belum dijadikan hari libur nasional oleh pemerintah, padahal di beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, hari Depawali sudah dinyatakan sebagai hari libur nasional. Menurut pemuda berusia 26 tahun ini, pemerintah seharusnya tidak mengabaikan kepentingan etnis minoritas agar lebih mewujudkan nilai-nilai kebhinekkaan yang dicita-citakan bangsa.

Depawali merupakan hari penting bagi keturunan Tamil di kota Medan. umumnya umat Hindu, Jain, dan Sikh sama-sama menganggap festival ini sebagai perayaan hidup dan menggunakan peryaan ini untuk memperkuat tali persaudaraan antara keluarga dan teman. Untuk umat Jain, ini juga adalah salah satu festival terpenting, dan menandai dimulainya tahun Jain. Perayaan ini juga termasuk festival penting bagi umat Sikh.

Sebelumnya Prananda juga membagikan bantuan serupa kepada warga di Kampung Madras. Rencananya bantuan seperti ini juga akan diberikan kepada warga keturunan Tamil lainnya di kota Medan.

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013