Balige, 19/10 (Antara) - Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, menghadiri peresmian Hotel Sere Nauli milik pengacara Hotman Paris Hutapea di Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Sabtu.

"Saya berkenan hadir karena diundang secara langsung oleh Duma Hutapea, adik kandung Hotman Paris Hutapea," kata Prabowo di Laguboti, Sabtu.

Mantan Danjen Kopassus itu menyebutkan sangat mendukung hotel tersebut sebagai upaya membangun kampung halaman pemiliknya, yang aka bermuara meningkatkan taraf hidup dan pendapatan warga sekitar.

Prabowo mengemukakan hubungan emosional dan profesional dengan Hotman Paris dan Duma Hutapea sangat kental dan mendorong kehadirannya di Laguboti yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari Balige, ibu kota Kabupaten Toba Samosir, sebab keduanya merupakan pengacara sejumlah perusahaan milikinya.

Kedatangan Prabowo dan rombongannya disambut hangat oleh keluarga besar Hotman Paris dan Duma Hutapea ditandai dengan penyerahan ulos sebagai lambang persahabatan dan persaudaraan sekaligus ungkapan terima kasih keluarga Hutapea yang ada di Laguboti.

Prabowo menyampaikan rasa kagumnya terhadap keluarga besar Hotman Paris yang rela menanam investasi besar dalam bisnis perhotelan di daerah Laguboti.

Sebab, kata dia, seandainya Hotman Paris atau Duma Hutapea berkeinginan, mereka pasti mampu membangun hotel di daerah Bali atau bahkan di Australia.

Prabowo mengaku, dirinya telah dua kali berkunjung ke Laguboti, yakni pertama sekali pada tahun 2005, saat peresmian Politeknik Informatika Del, sekolah milik Letjen Purn Luhut Panjaitan.

"Kehadiran Saya kali ini sebagai bentuk dukungan atas upaya yang ditunjukkan keluarga Hotman Paris dalam membangun roda perekonomian di kampung halaman mereka sendiri," katanya.

Hotman Paris menyebutkan, dirinya sengaja mengundang Probowo Subianto, karena di samping keterikatan hubungan kerja, mereka juga menjalin tali persahabatan yang cukup akrab.

Peresmian hotel kategori bintang tiga memiliki 46 kamar dan sepuluh unit villa itu ditandai penandatanganan prasasti oleh Bupati Tobasa Kasmin Simanjuntak dan pengguntingan pita dilakukan isteri Wakil Bupati Liberty Pasaribu, sebagai awal beroperasinya hotel tersebut.

Pada kesempatan itu, Bupati Kasmin mengajak warga Laguboti menciptakan lingkungan yang bersih dan teratur rapi.

Dikatakannya, untuk menjaga kebersihan dan keteraturan sekitar hotel, tidak cukup hanya dengan kemampuan para tenaga kerja hotel, tetapi peran warga masyarakat di daerah itu cukup menentukan.

"Rekruitmen tenaga kerja di hotel ini hendaklah mengutamakan putra setempat, sebab diyakini tenaga muda di daerah tersebut tersedia cukup banyak dengan kemampuan memadai," ujar Kasmin. (IN)

Pewarta: Imran Napitupulu

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013