Medan, 11/9 (Antara) - Pasangan Ali Sutan Harahap dan Ahmad Zarnawi Pasaribu unggul sementara dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara, 11 September 2013.

Sumber di Desk Pilkada Padang Lawas yang dihubungi Rabu sore menyebutkan, pasangan nomor urut 6 tersebut meraih 32,78 persen suara dari suara yang masuk.

Pasangan pejabat kini itu mengalahkan lima peserta pilkada lain yakni pasangan Sarmadan Hasibuan dan Faisal Hasibuan (nomor urut 1) yang meraih 22,64 persen suara, serta pasangan Alwi Mujahid Hasibuan dan Suprantiardi (nomor urut 2) yang mendapatkan suara 2,71 persen.

Tiga pasangan lain yakni Rahmad Pardamean Hasibuan dan Andri Ismail Putra Nasution (nomor urut 3) meraih 19,80 persen suara, pasangan Tondi Ronitua dan Idham Hasibuan (nomor urut 4) dengan 18,41 persen suara, serta pasangan Rustam Efendi Hasibuan dan Tongku Khalik (nomor urut 5) dengan 3,66 persen suara.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Padang Lawas Rahmat Efendi Siregar yang dihubungi mengatakan pihaknya belum dapat mengumumkan hasil penghitungan suara karena masih dalam tahap rekapitulasi.

Setelah penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) yang dilanjutkan ke panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan, rekapitulasi akan dilakukan di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada 12-13 September 2013.

Setelah rekapitulasi di 12 kecamatan di Padang Lawas diselesaikan, KPU akan melakukan rekapitulasi akhir pada 19-20 September yang dilanjutkan dengan rapat pleno.

"Dalam tahapan itu, KPU juga akan menetapkan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih," katanya.

Menurut catatan, pilkada Padang Lawas diikuti enam pasangan calon yakni pasangan Sarmadan Hasibuan-Faisal Hasibuan (nomor urut 1) yang mendaftar ke KPU atas dukungan Partai Demokrasi Kebangsaan (dua kursi), Partai Republikan (satu kursi), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (satu kursi), Partai Bulan Bintang (satu kursi), dan Partai Hanura (satu kursi).

Pasangan kedua adalah Alwi Mujahid Hasibuan-Suprantiardi (nomor urut 2) yang mendaftar sebagai peserta pilkada dari jalur perseorangan.

Kemudian, pasangan Rahmad Pardamean Hasibuan-Andri Ismail Putra Nasution (nomor urut 3) yang didukung Partai Demokrat (lima kursi) dan 13 partai politik lain yang tidak memiliki kursi di DPRD Padang Lawas.

Pasangan nomor urut 4 adalah Tondi Ronitua-Idham Hasibuan yang didukung Partai Karya Peduli Bangsa (tiga kursi), Partai Kebangkitan Bangsa (dua kursi), PDI Perjuangan (tiga kursi), Partai Persatuan Pembangunan (tiga kursi).

Setelah itu, pasangan nomor urut 5 yakni Rustam Efendi Hasibuan-Tongku Khalik yang juga mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan.

Nomor urut 6 adalah pasangan Ali Sutan Harahap-Ahmad Zarnawi Pasaribu yang merupakan calon petahana dan mendapatkan dukungan Partai Golkar (lima kursi), Partai Patriot (dua kursi), dan Partai Keadilan Sejahtera yang tidak memiliki kursi di DPRD Padang Lawas. ***1***

(T.I023/B/N. Yuliastuti/N. Yuliastuti)

Pewarta: Irwan Arfa

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2013